Desember 2, 2020

Kejaksaan Tinggi Samarinda menerima pelimpahan tersangka makar papua karena berkas sudah lengkap

kabarmandala.com — Sebanyak tujuh tersangka kasus makar asal Papua yang dititipkan di tahanan Polda Kalimantan Timur atau Kaltim diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Samarinda disaksikan kuasa hukumnya. Penyerahan dilakukan pada Senin (16/12). Tersangka dan barang bukti diserahkan penyidik kepolisian ke Kejaksaan setelah Jaksa Penuntut Umum atau JPU Kejaksaan Tinggi Papua menyatakan berkas penyidikan para tersangka telah lengkap.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat atau Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan sebelum diserahkan ke Kejati Samarinda, Tim Dokkes Polda Kaltim terlebih dahulu memeriksa kesehatan para tersangka. Hasil pemeriksaan menyatakan ketujuh tersangka dalam kondisi sehat. “Tersangka yang diserahkan yakni, Fery Kombo, Alexander Gobay, Hengki Hilapok, Buchtar Tabuni, Irwanus Uropmabin, Stevanus Itlay alias Steven Itlay dan Agus Kossay,” kata Kombes Pol AM Kamal, Senin (16/12).

Menurutnya, meski para tersangka ditahan di Polda Katim, akan tetapi penanganan dan kelengkapan administrasi penyidikan dilakukan Penyidik Direktorat Reskrimum Polda Papua. Para tersangka ini dijerat tindak pidana pasal makar beberapa pasal yakni, pasal 106 Jo pasal 187 KUHP dan atau pasal 110 KUHP dan atau pasal 14 ayat 1, 2 dan pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau pasal 66 UU nomor 24 tahun 2009 dan pasal 160 KUHP dan atau pasal 187 KUHP dan pasal 365 KUHP dan atau Pasal 170 Ayat 1 KUHP dan atau pasal 2 UU Nomor 12 Tahun 1951 dan atau pasal 213 dan 214 KUHP Jo pasal 55, 56 dan 64 KUHP.

“Mahkamah Agung RI telah menunjuk Pengadilan Negeri Balikpapan untuk memeriksa dan memutus perkara pidana terdakwa Fery Kombo dan kawan-kawan,” ujarnya. Para tersangka ditangkap pascademonstrasi mengecam ujaran rasisme di Kota Jayapura yang meluas menjadi rusuh, 29 Agustus lalu.