Februari 26, 2021

Kementerian Perindustrian akan berupaya lakukan terobosan memajukan Papua

kabarmandala.com — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mulai merencanakan terobosan baru untuk Provinsi Papua untuk berfokus pada program khusus penguatan industri tahun 2020 mendatang. Menurut Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA), Gati Wibawaningsih, pihaknya tengah mempersiapkan kegiatan pelatihan bagi masyarakat Papua.

“Jadi papua 2020 kami lebih fokus memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya perempuan,” kata Gati. Minggu (15/12). Ia menyebut, akan memfokuskan pada industri pengolahan buah merah, kopi dan noken (tas jaring khas Papua). Untuk buah merah, lanjut Gati, akan diolah menjadi bahan campuran kosmetik.

“Itu baru mau dibikin pelatihan. Realisasinya setelah April 2020,” jelasnya. Pelatihan ini akan dilakukan melalui kerjasama antara Kemenperin dengan pihak akademisi. Hal ini dilakukan guna menumbuhkan wirausaha industri baru di Papua. “Kami ingin Papua dapat memanfaatkan potensi alam dengan berwirausaha industri. Selain itu juga menjadikan SDM unggul di tahan Papua dengan keahlian yang diberikan,” ungkapnya.