Maret 3, 2021

Kementerian PUPR Yakin dan Optimis Infrastruktur Pendukung PON Papua Rampung Juni 2020

kabarmandala.com — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis pekerjaan pembangunan infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 rampung pada bulan Juni 2020. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan Rp 936,8 miliar dalam pembangunan empat arena olahraga (venue) untuk mendukung PON XX di Provinsi Papua.

Empat venue yang dibangun berdasarkan Intruksi Presiden (Inpres) No 10 tahun 2017 adalah Pembangunan Istora Papua Bangkit, Arena Aquatic, Venue Cricket dan lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor). Wakil Menteri (Wamen) PUPR,  John Wempi Wetipo kepada wartawan usai meninjau pembangunan Infrastruktur pendukung PON di Kabupaten Jayapura mengatakan, progres venue yang dibangun Kementerian rata-rata telah mencapai 80 persen.

“Jadi, pembangunan Istora Papua saat ini progresnya mencapai 75 persen. Sementara venue Aquatic sudah 80. Pembangunan aquatic progresnya lebih cepat dari target sesuai kontrak, kemungkinan bulan Mei venue aquatic sudah rampung 100 persen,” kata Wempi Wetipo.

Wetipo mengaku, venue Istora Papua akan rampung 100 pada bulan Juni 2020, setelah itu pihaknya fokus pada penataan kawasan Olahraga Kampung Harapan seluas 32 Ha. Wempi menjelaskan, Venue Cricket dan lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Doyo juga progresnya sudah rata-rata 80 persen.

“Semua venue akan selesai pada Juni 2020 dan siap untuk test event. Sedangkan untuk penataan kawasan baru dimulai setelah venue rampung 100 persen,” ujarnya. Sementara, Inpres Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan PON XX di Papua, mengamatkan Kementerian PUPR membangun tiga venue di Merauke dan Kota Jayapura.

“Pembangunan tiga venue ini sebenarnya biayanya sudah ada, tapi kita menunggu inpres kemarin, karena jangan kita salah melangkah kemudian ada masalah. Kami optimis semua venue akan rampung sebelum pelaksanaan PON di Papua,” ujarnya.

Menurutnya, untuk membangun tiga venue itu, Kementerian PUPR telah menganggarkan Rp 135 miliar. “Kita harapkan semua venue bisa tuntas dan kita sama-sama mendukung PON XX di Papua yang berlangsung pada 20 Oktober–2 November tahun 2020,” pungkasnya.