Oktober 23, 2020

Ketua Dewan Adat Kab. Kepulauan Yapen, Onesimus Wayoi : Lanjutkan dan Evaluasi Otonomi Khusus di Papua

Kabarmandala.com – Ketua Dewan Adat Kab. Kepulauan Yapen, Onesimus Wayoi mengatakan bahwa pihaknya mendukung keberlanjutan Otonomi Khusus (Otsus) demi keberlangsungan pembangunan di tanah Papua, namun masih perlu adanya evaluasi dalam penyerapannya.

“Kami mendukung keberlanjutan Otsus namun masih perlu adanya evaluasi, karena Otsus yang sudah berjalan selama 19 tahun ini belum sepenuhnya mengena di masyarakat kalangan bawah,” kata Onesimus Wayoi.

Menurutnya yang membuat Otsus jadi rusak sebenarnya adalah putra-putra daerah Papua sendiri yang bekerja tidak jujur padahal Otsus untuk kepentingan masyarakat Papua.

“Jujur diakui yang membuat Otsus jadi rusak sebenarnya adalah putra-putra daerah Papua sendiri yang bekerja tidak jujur, hanya mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya saja padahal otsus ditujukan untuk kepentingan masyarakat Papua,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan agar Otsus perlu ditekankan lagi terkait keberpihakan kepada masyarakat Papua sehingga diharapkan program Otsus dapat mencapai sasaran dikalangan masyarakat Bawah.

“Apabila nantinya Otsus berlanjut maka perlu ditekankan lagi terkait keberpihakan kepada masyarakat Papua sehingga diharapkan program Otsus dapat mencapai sasaran dikalangan masyarakat Bawah. Dan juga pada pelaksanaan nantinya perlu adanya Kejujuran dari para pengolah dana Otsus dalam melaksanakan program Otsus, sehingga masyarakat dapat sejahtera dan tidak ada lagi tuntutan Papua Merdeka,” tutupnya.