Oktober 22, 2020

Ketua NU Jayapura Ajak Lawan Corona

Kabarmandala.com “Silahkan masyarakat tetap di rumah saja, laksanakan social distancing dan gunakan masker, serta selalu cuci tangan. Hal ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” jelasnya, Minggu (12/4).

Ketua Umum Pengurus Masjid Raya Baiturrahim Jayapura, KH. Abdul Kahar Yelipele mengingatkan kepada masyarakat di Papua, bahwa aktivitas mudik tahunan jelang Lebaran identik dengan pengumpulan banyak orang. Oleh karena itu, pemerintah melarang masyarakat untuk berkerumun dan untuk sementara tak melakukan mudik.

KH. Abdul Kahar Yelipele yang juga Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Jayapura menyebutkan jika dilaksanakann mudik, maka identik dengan pengumpulan massa besar yang berdesakan, baik saat pemberangkatan, dalam perjalanan, hingga di lokasi tujuan.
“Ini yang disebutkan kegiatan mudik rawan akan penyebaran corona. Apalagi jika mudik, otomatis stamina atau imunitas ketahanan tubuh pemudik drastis drop, sehingga menjadi rentang terjangkit penyakit atau serangan COVID-19,” jelasnya.
KH. Abdul Kahar Yelipele juga meminta semua pihak menghargai aturan pemerintah Provinsi Papua dan juga surat himbauan MUI Provinsi Papua dalam penanganan COVID-19.
“Jika dalam keadaan mendesak harus keluar rumah, gunakanlah masker dan setelah kembali ke rumah, segera mandi dan merendam pakaian dan segera dicuci,” ujarnya.