Oktober 24, 2020

KKSB OPM berulah lagi,tembaki Pos Pengamanan di Tembagapura Papua

kabarmandala.com —┬áKelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB-OPM) diketahui menyerang Pos Pengamanan di Mile 60 dan area RPU 47 Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Jumat (24/4/2020). Akibat penyerangan tersebut tiga unit trailer mengalami pecah kaca karena diberondong tembakan. (Baca: 7 Warga Muna Sultra Positif Covid -19 usai Gelar Sidang Tahunan di Tempat Ibadah)

Berdasarkan pernyataan tertulis yang diterima dari Kapolres Mimika AKBP I Gede Era Adhinata, penyerangan dilakukan dua kali, pertama Jumat 24 April 2020 sekira pukul 09.40 WIT, bertempat di Mile 60 Pos Pengamanan dan area RPU 47 Distrik Tembagapura. “Meski tidak ada korban jiwa dalam aksi penembakan yang dilakukan oleh KKB tersebut namun tiga kendaraan trailer yang melintas mengalami pecah kaca,” kata Kapolres.

Kemudian, kata Kapolres, pada Pukul 10.20 WIT, terjadi kontak tembak di Pos TNI Mile 60, dimana team pengawalan dari Brimob Satgas Amole yang berada di belakang memberikan bantuan terhadap personel yang berada di RPU 46 dengan melakukan tembakan balasan ke arah KKB yang melakukan penyerangan terhadap Pos TNI mile 60.

“Dari hasil penyelidikan di lapangan diketahui penembakan yang dilakukan di area PT Freeport Indonesia dilakukan oleh beberapa KKB pimpinan Lekagak Telenggen yang datang ke Tembagapura. Sampai saat ini aparat TNI/Polri masih melakukan pengejaran terhadap kelompok Kriminal yang melakukan penembakan tersebut,” tandas Kapolres.