Januari 17, 2021

KKSB OPM telah Terang -Terangan Tunjukkan Jati Dirinya

kabarmandala.com — Pasca tewasnya NM (35), salah satu pimpinan Tim gabungan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Intan Jaya, Papua, Selasa (21/1/2020) lalu. Tim gabungan TNI-Polri tidak berhenti sampai di situ, dan terus mengejar kelompok lain dan mengambil langkah penegakan hukum.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, persoalan kelompok kriminal bersenjata sangat berbeda dibandingkan lima atau enam tahun lalu. Saat ini KKB terus menunjukkan jati diri secara transparan. “Artinya lima enam tahun lalu mereka cenderung selalu manutup diri, tapi kini cukup frontal melakukan upaya kekerasan, baik pada pemerintah maupun masyarakat. Itu alasan kita sehingga terus mengejar mereka, melakukan penegakan hukum,” ungkap Paulus Waterpauw.

Paulus Waterpauw mengatakan, alasan lain adalah bagaimana KKB yang selalu melakukan kegiatan kekerasan dnegan menggunakan senjata api. “Mereka sebagian besar memiliki senjata api dan amunisi yang besar. Menekan siapapun yang mereka inginkan, aparat, sipil, pengusaha, dan TNI Polri,” ujarnya.

Untuk itu kata Paulus Waterpauw, pihaknya dibantu TNI terus melakuka penegakan hukum terhadap KKB. Sebab kewenangan memegang senjata api hanyalah TNI Polri dan kelompok lain dengan keterbatasan persyaratan. “Hal itu lah alasan kami harus melakukan upaya tegas pada oknum masyarakat yang melakukan kekerasan dengan menggunakan senjata api,” pungkasnya.