Oktober 22, 2020

Kodam XVII dipimpin Pangdam laksanakan rapim TNI AD

kabarmandala.com — Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab membuka Rapat Pimpinan TNI (Rapim) Kodam XVII/Cenderawasih Tahun Anggaran 2020 bertujuan untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan Kodam XVII/Cenderawasih sebagai komando operasi TNI di Papua. Rapat pimpinan TNI AD dengan tema “Membangun Kodam XVII/ Cenderawasih Selaku Koops TNI Papua Yang Adaptif”. Yang mana tema ini sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah maupun Visi dan Misi institusi TNI.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan, bahwa Rapim kali ini digunakan untuk membahas dan merumuskan kebijakan serta strategi dalam rangka menghadapi tantangan kedepan, di hadapkan pada perkembangan lingkungan, visi misi Pemerintah, dan berbagai persoalan yang membutuhkan solusi.

“Sehingga kedepan kita akan lebih baik lagi dalam meningkatkan keberhasilan pencapaian tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih,”ungkap Mayjen Herman Asaribab dalam keterangan tertulis Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto, Jumat.

Pangdam Mayjen Herman Asaribab menambahkan, di tahun 2020 ini terdapat agenda Nasional yang terkait dengan tugas-tugas Kodam XVII/Cenderawasih selaku Koops TNI Papua, yaitu Pilkada serentak berlangsung di 11 Kabupaten serta penyelenggaraan PON XX Papua.

“Pada tahun 2020 ini dari Kodam memiliki beberapa agenda yang mana tidak menutup kemungkinan terdapat kerawanan di wilayah maupun meningkatnya suhu politik dapat berimplikasi terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat, untuk itu kita harus tingkatkan kewaspadaan dan deteksi dini serta kesiapsiagaan satuan untuk mengantisipasi hal tersebut,”pesan Pangdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, seperti yang kita ketahui bersama di akhir-akhir ini Indonesia banyak dilanda bencana alam begitu juga di Papua maka kita selaku prajurit harus selalu memonitor, memantau dan selalu menjaga kesiapsiagaan satuan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi.

Di akhir sambutannya Jenderal Bintang Dua tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit dimana pun berada dan bertugas, atas dedikasi yang telah diberikan dalam menjalankan tugas-tugas Koops TNI Papua, terutama dalam membantu Pemerintah melaksanakan program pembangunan, serta hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi.

Dalam Rapim kali ini dilaksanakan selama 2 hari pada 28-29 Februari 2020, di Aula Tony A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura, Serta dihadiri 110 peserta yang merupakan pimpinan seluruh satuan TNI-AD yang berada di Provinsi Papua dan beberapa narasumber yaitu dari Ketua KPU Papua Zufri Abubakar, Kakanwil Kemenkumham Papua Drs. Murdjito Sasto, M.Si, Ketua OJK Provinsi Papua Adolf Fictor T Simanjuntak,Kepala Kancab Asabri Jayapura Setyaningsih, Pimred Cenderawasih Pos dan Ketua Harian PB PON Papua Longginus Sangur, S.Sos.