Oktober 25, 2020

‘Kuala Kencana’, Kota Modern justru berada di Tengah Hutan Papua

kabarmandala.com — Ketika mendengar nama Papua, sebagian dari kita pasti membayangkan daerah yang berupa hutan belantara, sulit diakses dan belum banyak sentuhan modern. Siapa sangka, di tengah kehidupan Papua yang dibilang jauh dari moderniasasi ternyata ada sebuah kota yang berdiri megah.

Ialah Kuala Kencana, sebuah distrik di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia. Distrik ini dikelola sepenuhnya oleh PT. Freeport Indonesia. Berikut beberapa fakta unik Kuala Kencana di tengah belantara Papua yang menarik untuk kamu ketahui.

1. Kota pertama yang punya sistem saluran air kotor

Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem saluran air kotor yang lalu disalurkan ke pusat pengelolaan limbah.

2. Komplek perumahan berbagai tipe

Di sana, terdapat beberapa kompleks pemukiman warga: RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartement, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor’s Quarter. Orang bisa masuk kawasan elite ini tak bisa sembarangan dan harus menggunakan kartu tanda pengenal.

3. Fasilitas sarana umum yang lengkap

Di Kota Kuala Kencana terdapat sekolah, klinik, masjid, gereja, dan beberapa fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan basket, lapangan golf, dan lainnya.Fasilitas ekstra termasuk pusat perbelanjaan, hotel, restoran, cafe dan supermarket sudah ada di sini.  Jarak antara Ibukota Distrik ke Ibukota Kabupaten adalah 20 Km.

4. Saluran listrik bawah tanah pertama di Indonesia

Hampir tidak ada tiang listrik di kota yang diresmikan oleh Presiden Soeharto tahun 1995 ini. Saluran listrik dan komunikasi di Kuala Kencana semua tertanam rapi di dalam tanah. Selain itu, kota ini juga dilengkapi fasilitas water treatment plant yang yang mengubah air kran bisa langsung diminum.

5. Tata kota yang sangat indah

Begitu tiba di Kuala Kencana, kalian akan disambut patung-patung khas Papua termasuk tugu cendrawasih yang dikelilingi air mancur. Hamparan rumput menghijau menambah indahnya pemandangan di kota ini. Kuala Kencana berada di dataran rendah bagian tengah dan selatan Papua. Udara di sini juga sangat bersih dan sejuk, semua jalan beraspal halus, bebas sampah dan lalu lintasnya sangat tertib.