Oktober 29, 2020

Mabes Polri Tetapkan Tersangka Baru Kerusuhan Papua Dicurigai Terkait dengan Benny Wenda

kabarmandala.com — Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia menambah daftar tersangka kerusuhan Papua dan Papua Barat dengan menetapkan Ferry Kombo dan Alexander Gobay. Polisi kini mendalami kaitan keduanya dengan tokoh separatis Papua Benny Wenda.

“Keterkaitannya ada, jaringan komunikasi itu ada, tentunya nanti. Kita masih dalami dulu. Kalau untuk dua tersangka yang baru diamankan kemarin, didalami dulu,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (9/9).

Polisi juga mengejar tokoh-tokoh dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Tokoh yang sedang dikejar itu diduga sebagai perantara Benny Wenda dengan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP). “Penyidik masih melakukan pengejaran terhadap beberapa tokoh KNPB yang diduga langsung terkoneksi dengan BW, kemudian langsung memerintahkan dengan memanfaatkan AMP untuk melakukan mobilisasi, kemudian menyiapkan desain untuk kerusakan, kemudian melakukan provokasi langsung di lapangan,” ujar Dedi.

Sebelumnya, Ferry Kombo dan Alexander Gobay ditetapkan sebagai tersangka terkait kerusuhan di Papua. Polisi kini juga mendalami dugaan provokasi yang disebar di media sosial. Mereka dijerat Pasal 106 juncto 87 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP dan/atau Pasal 14 ayat (1) (2) dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau pasal 66 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan/atau Pasal 160 KUHP dan/atau 187 KUHP dan/atau 365 KUHP dan/atau 170 ayat 1 KUHP dan/atau Pasal 2 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 juncto Pasal 64 KUHP.