November 30, 2020

Mabes TNI: Kami Profesional Meski KKB Makin Brutal

kabarmandala.com — Pusat Penerangan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Puspen Mabes TNI) menyebutkan tetap profesional menangani Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang semakin brutal. Kapuspen Mabes TNI, Mayjen TNI Sisriadi mengatakan TNI dalam menyikapi kebrutalan KKB selalu mengedepankan standar operasi dan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Jadi gini, kita tidak melihat brutal atau brutal. Kita menggunakan standar operasi. Kemudian ada namanya rule of engagement. Jadi kita tidak ikut brutal, kita profesional, jadi semua tindakan terukur, terukur melalui prosedur standar,” kata Sisriadi di Lapangan Tembak Mabes TNI, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

“Kemudian Rule of Engagement, standar-standar hak asasi manusia kita gunakan,” ujarnya. Sisriadi menegaskan bahwa sikap brutal jauh dari jati diri TNI dan akan tetap bersikap profesional dalam bertugas. “Jadi kita nggak usah ikut-ikutan brutal seperti mereka [KKB]. Kalau gitu nggak usah jadi TNI. TNI tidak brutal, TNI profesional,” tegasnya.