Mei 16, 2021

Mahasiswa Papua di Bandung Minta Bantuan Sosial Covid-19

kabarmandala.com —¬†Sekelompok mahasiswa asal Kabupaten Maybrat, Papua, yang tinggal di Bandung menuntut diberikan bantuan sosial (Bansos) atas pandemi virus korona (covid-19). Pemerintah Kabupaten Maybrat diminta segera merealisasikan tuntutan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Maybrat segera merealisasikan terkait penyaluran bansos untuk mahasiswa terdampak covid-19 (virus korona) dalam bentuk bantuan langsung tunai bagi pelajar dan mahasiswa Maybrat di luar Papua terutama di Kota Bandung dan sekitarnya,” kata Koordinator Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Maybrat (IPMM) Maikel Kambuaya pada Sabtu, 2 Mei 2020.

Maikel mengatakan kondisi para mahasiswa Maybrat di Bandung saat ini kesulitan mendapat bahan pokok untuk makan sehari-hari. Terlebih, saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini mereka sulit bergerak untuk mencari penghasilan tambahan.

Kondisi mereka semakin dipersulit usai tidak bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Bandung. Hal ini dikarenakan identitas mereka merupakan warga Kabupaten Maybrat, Papua. Mereka menagih janji Pemerintah Kabupaten Maybrat untuk memberikan bansos.

“Pemerintah Kabupaten Maybrat diminta untuk tidak membeda-bedakan status, program dan tingkatan dalam penyaluran bantuan dampak covid-19, serta tidak mempersulit pelajar dan mahasiswa dalam menerima bansos dengan persyaratan yang rumit,” ujar Maikel.

Jika tidak diberikan bansos, Pemerintah Kabupaten Maybrat diminta untuk memulangkan para mahasiswanya di Bandung. Maikel menilai pulang ke kampung halaman lebih menjamin kebutuhan pokok mereka ketimbang di Bandung saat ini.

Mahasiswa lainnya, Leonardus O Magai, meminta pemerintah tidak hanya membagikan bansos ke masyarakat dengan acuan KTP. Pemerintah diminta memperhatikan para perantau yang juga terdampak wabah virus korona.¬†“Pemerintah harus memberikan bantuan yang layak kepada masyarakat terdampak covid-19 atau masyarakat ekonomi lemah sesuai anggaran yang telah di setujui pemerintah pusat,” ujar Leonardus.