Mei 11, 2021

Majelis Rakyat Papua Minta Masyarakat Kembali Berkebun Selama Pandemi Covid-19

kabarmandala.com — Ketua Tim Kunker MRP Engel Berthus Kasipmabin mendorong dan sekaligus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan di rumah untuk berkebun atau menanam tanaman termasuk sayuran untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga selama pandemi Covid-19.

“Kita lebih baik kembali ke kebun, ke laut atau ke danau, untuk mengelola apa yang sudah Tuhan berikan bagi kita. Begitupun juga yang punya pekarangan luas dapat dimanfaatkan dengan mencoba menanam di rumah dengan tanaman yang mudah, tapi bisa menghasilkan dan juga mencukupi kebutuhan pangan di rumah,” kata Engel Berthus Kasipmabin, dalam sambutannya saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/5/2020) kemarin.

Hal ini sejalan dengan himbauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam proses penanganan Covid-19 di Kabupaten Jayapura, masyarakat diminta untuk kembali ke alam untuk mengelola semua potesi Sumber Daya Alama (SDA) yang dimiliki pada masing-masing Kampung. Waktu selama berdiam di rumah karena pandemi Covid-19 dapat dimanfaatkan untuk tetap produktif, misalnya dengan berkebun untuk menanam tanaman yang disukai dan bisa dikonsumsi.

“Kita mengajak dan sekaligus mengimbau kepada masyarakat di daerah ini, untuk kembali ke alam guna mengelola potensi sumberdaya alam yang kita miliki,” tutur Engel Berthus. Menurutnya, virus Corona telah banyak merubah semua situasi dan aktifitas sosial masyarakat secara global, tetapi juga secara khusus di Daerah ini. Maka itu, masyarakat diminta untuk tinggal dirumah, berdoa, bekerja dan olahragapun di rumah masing-masing. Hal ini adalah bagian dari upaya memutus penyebaran virus Corona.

Dikatakan, kehadiran pihaknya dalam Kunker tersebut guna memastikan kebijakan pemerintah daerah setempat dalam penanganan Covid-19 ditengah masyarakat sudah benar-benar tepat sasaran atau tidak. “Ada banyak laporan warga masyarakat terkait pembagian sembako yang tidak sampai ditangan mereka. Hal ini menjadi laporan kami terhadap pemerintah daerah,” ujarnya.

Engel Berthus juga mengatakan, dalam Kunker dua hari (5-6 Mei 2020) di Kabupaten Jayapura, yakni di Kampung Sabron Sari-Distrik Sentani Barat, Kampung Yakonde-Distrik Waibhu dan di Kampung Harapan-Distrik Sentani Timur. Masih ada masyarakat yang belum mendapat bantuan sembako dari pemerintah daerah.

“Seperti di kampung Sabron Sari, laporan warga masyarakat disana mengatakan belum mendapatkan bantuan sembako, bahkan satu Distrik Sentani Barat. Hal-hal ini pemerintah harus perhatikan dengan serius,” jelasnya. Sementara itu, Kepala Distrik Sentani Timur, Stefen Wally mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kunjungan MRP ke wilayah ini.

Selain memastikan arah kebijakan Pemerintah Daerah dalam penaganan Covid-19, kata Stefen Wally, ada banyak masukan yang disampaikan oleh lembaga kultur masyarakat Papua tersebut terhadap penanganan Covid-19 ditengah masyarakat secara khusus di Distrik Sentani Timur.

“Kami sepakat dengan adanya imbauan kepada masyarakat untuk kembali ke alam untuk mengelola sumberdaya alam yang dimiliki. Selain itu, MRP juga akan bersama-sama dengan masyarakat untuk mendatangi tempat-tempat penjualan Miras di daerah ini dan meminta agar segera ditutup tempat penjualan Miras tersebut,” tukasnya. Untuk diketahui, dalam Kunker ke Dsitrik Sentani Timur, MRP juga berpatisipasi dalam pemberian sembako bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan di masa covid 19 ini.