Oktober 23, 2020

Masih Moratorium, Ini Sinyalamen Presiden Atas Sejumlah Aspirasi Permintaan DOB

“Yang jelas sampai hari ini kita masih moratorium untuk pemekaran, tapi untuk aspirasi yang tadi disampaikan kepada saya, segera akan ditindak lanjuti,” kata Jokowi di sela peresmian Jembatan Youtefa, Senin (28/10/2019) sore.

Jokowi mengatakan soal aspirasi pemekaran ini juga disampaikan saat kunjungannya di Kabupaten Jayawijaya beberapa jam sebelumnya.

“Soal pemekaran wilayah di Papua saya selalu melihat aspirasi dari bawah dan aspirasi itu juga diampaikan kepada saya waktu di Wamena, sehingga dari aspirasi itulah akan kita tindak lanjuti,” katanya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menyetujui permintaan pemekaran DOB di wilayah Papua dan Papua Barat saat pertemuan dengan 61 tokoh Perwakilan Papua dan Papua Barat di Istana Negara

“Terkait pemekaran, jangan banyak-banyak dulu. Tadi bapak menyampaikan tambahan lima. Saya iya, tapi mungkin tidak lima dulu. Mungkin kalau enggak dua, tiga,” kata Jokowi. Sebagaimana dilansir kompas.com awal September silam.

Kata Jokowi, perlu ada kajian mendalam di balik rencana pemekaran suatu wilayah. Sementara dari sisi regulasi sudah ada undang-undang yang mengaturnya. “Ini, kan, perlu ada kajian. Karena UU-nya mendukung ke sana dan saya senang ada usulan itu dari bawah,” ucapnya