Mei 16, 2021

Massa Yang akan Naik Ke Pedalaman, Minta Koordinator Posko KM 100 agar Buka Palang

kabarmandala.com — Ratusan massa yang hendak naik ke beberapa kabupaten di Meepago seperti Deiyai dan Paniai, tiba di Posko Covid-19 KM 100, Distrik Siriwo, Nabire, pukul 20.30 Wit. Massa dimobilisasi oleh dua orang Kepala Distrik yang ada di kabupaten Deiyai dan Paniai, dan mengatasnamakan Bupati untuk membawa naik masyarakat. Hal itu disampaikan Koordinator Perawat Posko Covid-19, KM 100, Distrik Siriwo, Isak Waine, S.KM, M.Kes pada senin malam (20/04).

Menurutnya, dalam situasi seperti ini, seharusnya para pejabat yang adalah aparat pemerintah, harusnya melindungi rakyatnya dari Covid-19, namun justru mereka yang melakukannya sendiri.“Saya sebagai Koordinator Kesehatan, kami sudah berupaya memberi pemahaman akan bahaya Covid-19 kepada masyarakat yang akan naik dan kedua Kepala Distrik tersebut. Namun mereka tetap ngotot ingin naik, terpaksa kami kasih lewat”, ujarnya.

Isak berharap, Tim Satgas dari Paniai dan Deiyai bisa ambil tindakan kepada warga yang naik tersebut dengan mendata, memeriksa dan mengisolasi mereka selama 14 hari, mengingat masyarakat yang naik berasal dari daerah zona merah.“Harapan kami kedepannya hal ini tidak terulang lagi. Kita bisa atasi penularan Covid-19,  jika semua komponen sadar dan mengikuti himbauan pemerintah dan tinggal di dalam rumah. Biar kami yang tetap bekerja untuk ada, dan anda tetap tinggal di rumah untuk kami”, tutup Isak Waine.“Seharusnya kedua pejabat tersebut sudah mengetahui kesepakatan yang dilakukan lima Bupati di Meepago. Namun malah kedua pejabat tersebut ngotot ingin membawa naik warga masyarakat ke Deiyai dan Paniai”, kata Isak.