November 1, 2020

Masyarakat Lokal Harus Diberdayakan dan turut andil dalam suksesnya PON 2020 di Papua

kabarmandala.com — Untuk menyambut PON XX, ekonomi masyarakat lokal harus ikut diberdayakan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura bekerjasama dengan Dinas Perikanan  Kelautan Provinsi Papua, dengan memberikan bantuan pemberdayaan ekonomi berupa benih ikan dan keramba jaring apung.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Papua, FX. Mote mengatakan, bantuan ini diharapkan dapat berkelanjutan kedepanya. Sehingga upaya pemerintah untuk mensejahterahkan warga bisa tercapai dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada. “Dikabupaten Jayapura ini sangat bagus karena mempunyai potensi air yang luar biasa. Sehingga ini bisa dimaksimalkan dan dimanfaatkan untuk pengembangan budidaya,” ujarnya.

Menurutnya, pemberian bantuan sektor perikanan tersebut sebagai bentuk upaya kerja sama antar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, khususnya melalui Dinas Perikanan dan Kelautan.  Apalagi kata dia, saat ini Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura juga sudah mengelompokkan masyarakat yang ada di Danau Sentani untuk diberikan bantuan pengembangbiakan budidaya ikan air tawar.

Menurut dia, saat ini ada 178 kelompok pembudidaya sektor perikanan air tawar yang ada di Sentani, Kabupaten Jayapura. Dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua rutin memberikan bantuan terkait dengan keberadaan kelompok pembudidaya ikan air tawar tersebut. ” Ini harus dijaga, makanya saya bilang tadi, masyarakat penerima harus dipantau. Saya juga sampaikan supaya ini dimanfaatkan, dioptimalkan apa yang diberikan oleh pemerintah,” paparnya.

Kemudian yang terpenting adalah dengan adanya bantuan yang diberikan itu sebagai bentuk persiapan masyarakat lokal untuk menyambut PON XX yang akan diselenggarakan di Papua tahun ini.  Dia berharap, masyarakat lokal yang ada di Kabupaten Jayapura tidak hanya menjadi penonton semata saat penyelenggaraan event besar itu berlangsung.

“Tida hanya sukses penyelenggaraan dan sukses berprestasi. Tapi secara ekonomi, masyarakat dompetnya kering. Menurut saya, PON  ini harus membuat dompet masyarakat itu penuh,” tambahnya.