Oktober 21, 2020

Melawat ke markas PSM, Mutiara hitam tanpa juru gedor karena cidera

kabarmandala.com — Lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2019 kembali menyajikan partai big match yang bertajuk ‘Derby Indonesia Timur’ dengan mempertemukan dua tim raksasa wilayah timur Indonesia antara tuan rumah PSM Makassar dengan tamunya Persipura Jayapura di Stadion Andi Mattalata Makassar, Senin (18/11) malam ini pukul 20.30 WIT.

Partai ini diprediksi akan berjalan sengit, pasalnya dalam laga ini, Persipura memiliki kans besar untuk memangkas jarak dari Bali United yang dilaga sebelumnya menelan kekalahan 1-0 dari tuan rumah PSIS Semarang. Namun Persipura juga harus ekstra hati-hati, pasalnya tuan rumah juga di laga sebelumnya gagal mendulang tiga poin dari Persebaya Surabaya, tentu bermain di depan pendukungnya menjadi motivasi ganda anak-anak Juku Eja -julukam PSM Makassar – untuk mengamankan tiga poin.

Tim Mutiara Hitam – julukan Persipura- juga akan dipusingkan dengan absennya beberapa pilar dalam pertandingan ini. Mutiara Hitam masih kemungkinan pincang pada lini depan, dimana juru gedornya, Mamadou Samassa, Marinus Wanewar, masih dalam tahap pemulihan cedera, begitu juga dengan Titus Bonai yang masih diragukan tampil karena masih dalam pemulihan cedera.

Serta sang kapten Boaz Solossa dipastikan absen karena harus menjalani sanksi pertandingan, sama halnya dengan Israel Wamiau yang juga menjalani sanksi hukuman selama empat pertandingan. Tak hanya itu, Persipura juga kehilangan Ibrahim Conteh yang menjalani tugas negara bersama Sierra Leone dalam kualifikasi Piala Dunia 2020,

Sama halnya Persipura, tuan rumah PSM Makassar pun juga pincang dalam pertandingan ini, beberapa pemain pentingnya juga tidak bisa tampil akibat cedera seperti Wiljan Pluim, Guy Junior, Abdul Rahman dan Bayu Gatra.

“Puji Tuhan tim dalam kondisi baik dan kita dalam beberapa hari kita punya persiapan kita lebih fokuskan recovery pemain karena jadwal begitu padat, tapi tidak ada kendala apapun semua berjalan lancar dan rencana kita sampai saat ini berjalan baik dan harapan besar besok bisa menampilkan permainan terbaik dan berharap bisa sukses disini,” ungkap Jacksen dalam konfrensi persnya di ruang media Stadion Andi Mattalata Makassar, Minggu (17/11).

Sang pelatih juga mengeluhkan padatnya jadwal yang dilakoni oleh timnya, sehingga hal tersebut membuat timnya kurang maksimal. Apalagi hal tersebut mereka hadapi saat menjadi tim musafir, tentu timnya memiliki tekanan lebih berat dari pada kontestan lainnya. Meski begitu pelatih asal Brasil itu tetap melayangkan pujian atas penampilan pemainnya yang mampu menjaga tren baik mereka selama ini.

“ Kita juga kelelahan karena jadwal padat tapi mereka bisa menjalankan tugas dengan baik. Dan kita tim pelatih juga berusaha untuk bisa menjaga performa para pemain, sehingga kita berharap besok, lawan PSM tidak ada masalah berarti dengan segala persoalan yang kita hadapi, kita tetap fokus menjalankan tugas kita dan kita bersyukur kalau bisa mendapatkan rejeki disini,” ujar pria berusia 51 tahun itu.

Menurut Jacksen, dalama laga ini ia akan berusaha untuk meminimalisir kesalahan pada lini belakangnya. Menurutnya, PSM memiliki pemain yang cukup berbahaya untuk bisa mengancam gawang mereka. “PSM sudah mejadi satu kekuatan tersendiri, kalau kita mau dapat poin harus bekerja keras dan efekif dan mengurangi sebisa mungkin kesalahan di sektor pertahanan kita, karena PSM punya lini depan berkualitas, sehingga kita harus bekerja keras dan semua tahu PSM menjadi juara di Piala Indonesia dan itu juga menjadi catatan kita terhadap PSM sejauh ini,” jelasnya.

Sementara itu, sang kapten Persipura dalam pertandingan ini, Ian Louis Kabes juga menegaskan, bahwa ia bersama dengan rekan-rekannya telah memiliki persiapan khusus untuk bisa mendulang tiga poin dalam laga ini. “ Kita semua pemain siap, kita datang kesini untuk berusaha mendapatkan poin entah satu atau tiga dan kita serahkan kepada Tuhan dan kita akan tetap fokus menghadapi tuan rumah,” tandasnya.