November 30, 2020

Menhan diminta Komisi 1 DPR untuk mewaspadai tokoh misionaris di Papua

kabarmandala.com —  Anggota Komisi I DPR RI dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto waspada terhadap gerak gerik keberadaan misionaris di Papua, dia mengungkapkan kekhawatiran ada misi lain disamping melakukan penyebaran agama.

Hal tersbut disampaikan saat rapat kerja antara Komisi I dengan Menteri Pertahanan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (11/11). “Maaf Pak Menhan kita tidak ingin singgung sesuatu sensitif di Papua, itu banyak juga pesawat yang angkut misionaris, pihak (pengamanan) Papua kesulitan cek ini,” ujarnya.

Ditegaskannya, kecemasan itu bukan pada penyebaran agamanya namun lebih kepada adanya misi tertentu yang patut untuk dipantau mengingat situasi keamanan di Papua akhir-akhir ini. “Yang kita khawatirkan (bukan) soal orang sebar agama tetapi yang kita khawatir ada orang atas nama misionaris tapi simpan agenda lain di Papua itu yang jadi biang kerok, bisa jadi, kita tidak boleh tuduh, tapi harus diperiksa,” paparnya.

Selain itu, Jazuli juga sarankan Prabowo agar melakukan penambahan pasukan pengamanan di Papua. Tentu dalam rangka menjaga keamanan di sana agar selalu kondusif, mengingat wilayah Papua yang sangat luas. “Perlu ditambahkan jumlah personel, misalkan menurut saya dilihat dari luas dan tantangan yang begitu besar kalau kesejahteraan otomatis karena di sana kemahalan harga,” tambahnya.