Oktober 22, 2020

Menhan tegaskan kurang setuju dalam menyelesaikan papua menggunakan pendekatan militer

kabarmandala.com —¬†Sejumlah tokoh Papua menghadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menyampaikan aspirasi terkait pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua. Para tokoh Papua yang tergabung dalam Tim Forum Peduli Papua Maju itu diterima Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara 4 Kebayoran baru, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Desember 2019, malam.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Provinsi Papua, Yanni, yang diminta para tokoh Papua untuk memfasilitasi pertemuan dengan Menhan mengatakan, pertemuan berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan dan akrab. Sejumlah masukan yang disampaikan kepada Prabowo dinilai rasional dan relevan untuk kondisi Papua.

“Pak Prabowo menyampaikan terima kasih atas aspirasi para tokoh Papua. Terkait masukan soal peningkatkan akses dalam rekruitmen TNI, Menhan akan melakukan afirmative action terhadap Orang Asli Papua agar mendapat porsi lebih dalam rekrutmen anggota TNI,” kata Yanni , Rabu, 11 Desember 2019.

Yanni mengungkapkan Prabowo akan terus membuka pinta bagi tokoh Papua yang ingin menyampaikan masukan kepada Kementerian Pertahanan. Dalam pertemuan yang berlangsung hampir tiga jam itu suasana komunikasi berlangsung cair dan santai.

Prabowo mengaku sangat memahami karakter masyakarat Papua karena separuh hidupnya berada di Indonesia Timur, bahkan dia juga berdarah Indonesia Timur. Di mata Prabowo, orang Papua suka bicara blak-blakan dan terus terang namun hatinya sangat baik.

Menghadapi orang Papua yang sebenarnya berhati baik, Prabowo berpandangan bahwa pendekatan pembangunan yang harus dikedepankan dalam konteks Papua adalah dengan sentuhan tangan dan hati, bukan dengan kekuatan militer.¬†“Saya sebagai Menhan selalu meminta prajurit TNI melakukan pendekatan kepada rakyat dengan hati bukan pendekatan represif-militeristik yang bisa mengorbankan masyarakat,” kata Prabowo.

Pada pertemuan tersebut juga dijelaskan bahwa untuk melihat kondisi Papua terkini, Prabowo berencana akan mengunjungi Papua dalam waktu dekat yakni di bulan Desember atau Januari.