Desember 4, 2020

Menkopolhukam akan adakan rapat terbatas bersama kapolri dan panglima TNI membahas situasi Papua

kabarmandala.com —┬áMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengundang pimpinan Polri, TNI, dan seluruh jajaran terkait untuk membahas situasi dan kondisi terkini di Papua pada Selasa, 10 Maret 2020. “Nanti saya mengundang Polri, kejaksaan, TNI, serta semua kementerian dan lembaga terkait ke sini (Kantor Kemenko Polhukam),” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Hal tersebut disampaikan Mahfud menanggapi maraknya aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, termasuk penyerangan terhadap Pos Koramil Jila Mimika, Papua, Senin (9/3). Menanggapi aksi KKSB OPM, Mahfud menjelaskan secara prosedural aparat keamanan, baik TNI maupun Polri sudah bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan.

“Secara prosedural sudah ada SOP-nya, ya. Aparat keamanan sudah bekerja di sana, pemerintah sudah bekerja, tapi secara lebih detail penanganan besok masih akan ada rapat di Kemenko Polhukam,” ujarnya. Rencananya, rapat dengan berbagai kementerian terkait untuk membahas situasi di Papua akan berlangsung di Kemenko Polhukam sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebelumnya, KKSB OPM melakukan serangkaian aksi penyerangan, seperti di Polsek Tembagapura, Papua, Senin (2/3), yang menyebabkan seorang anggota polisi terluka. Penyerangan Kantor Polsek Tembagapura, terjadi sekitar pukul 13.00 WIT yang dilaporkan berasal dari arah perbukitan yang berada di belakang kantor polisi dengan tembakan yang membabi buta.

Masyarakat di pegunungan Timika juga dilaporkan resah dengan ulah KKSB OPMyang meneror warga sehingga ratusan warga meminta perlindungan aparat dan telah diungsikan ke kota. Pada Senin (9/3), KKSB OPM kembali melakukan aksi penyerangan dan penembakan terhadap Pos Koramil Jila Mimika, Papua. Atas insiden itu, seorang prajurit TNI, yakni Sersan Satu La Ongge dilaporkan gugur setelah tertembak.