November 30, 2020

Menyambut Natal LP kelas II B berikan remisi kepada terpidana kasus narkoba dan pencurian

kabarmandala.com — Menyambut hari Natal dan Tahun Baru, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Manokwari mengusulkan kepada Hukum dan HAM Papua Barat, 107 narapidana untuk mendapat remisi. Kalapas Kelas II B Manokwari, Tatang Suherman mengatakan pada remisi kali ini, khusus akan diberikan kepada narapidana yang beragama nasrani.

Kata Tatang, warga binaannya berjumlah 328 orang dan yang beragama Kristen ada 176 orang. “Kami mengusulkan orang-orang yang sudah memenuhi syarat, sesuai dengan aturan yang berlaku sebanyak 107 orang. Nantinya yang disetujui berapa banyak, kami juga belum mengetahuinya,” tuturnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis 5 Desember 2019.
Lanjut Tatang, remisi yang akan diberikan bervariasi, ada yang 15 hari, 1 bulan bahkan sampai 2 bulan, tergantung putusannya seperti apa.
“Narapidana korupsi yang mendapat remisi belum bisa diberitahukan, karena belum di setujui oleh Kumham. Remisi yang kami ajukan tahun ini kebanyakan kasus pencurian dan narkoba,” katanya.
Ditempat terpisah, Kakanwil Hukum dan HAM Papua Barat, Antonius Ayorbaba menuturkan bahwa untuk remisi bagi narapidana Kelas II B Manokwari baru saja diajukan pada Rabu sore, 4 Desember 2019. “Kami belum bisa pastikan, apakah dapat dikabulkan 107 narapidana ini atau tidak,” ujarnya.