Oktober 22, 2020

Mimika kini Masuk Zona Merah

kabarmandala.com — Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Papua, bertambah dua orang. Dengan adanya penambahan dua pasien positif Covid-19, maka berdasarkan data Gugus Tugas Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang dirilis, Minggu (29/3) kemarin, jumlah pasien positif Covid-19 bertambah menjadi sembilan orang.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule yang dikonfirmasi membenarkan adanya penambahan dua pasien positif Covid-19 di Provinsi Papua. Dua pasien positif Covid-19 menurut dr. Sumule berada di Kabupaten Mimika. Dengan adanya dua pasien positif Covid-19 tersebut, Kabupaten Mimika saat ini masuk daerah zona merah Covid-19 bersama Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura.

“Dibanding data di hari sebelumnya, hari ini (kemarin, red) ada penambahan jumlah kasus Covid 19 di Papua. Sebagaimana disampaikan Juru Bicara Nasional bahwa dua kasus positif Covid-19 ini berada di Kabupaten Mimika,” ujar dr. Silwanus Sumule , Minggu (29/3) kemarin.

Sampai saat ini menurut dr. Sumule penyebaran kasus positif Covid-19 di Papua meliputi 2 kasus di Merauke, 5 kasus di Kota Jayapura, dan 2 kasus di Mimika. “Hingga kini, 9 pasien positif Covid-19 di Papua masih kita rawat. Semuanya dalam kondisi yang stabil, yang mana berkisar antara sakit ringan hingga sakit sedang. Tidak ada pasien yang meninggal,” tuturnya.

Sementara itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga engalami penambahan sebanyak 2 pasien dari data di hari sebelumnya, sehingga kini total terdapat 45 PDP. Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga mengalami peningkatan. Dari 2.311 orang di hari sebelumnya, kini sudah ada 5.569 orang yang dipantau terkait penyebaran Covid 19 di Papua.

“Untuk ODP ini, dari data di hari sebelumnya, terjadi penambahan sebanyak 3.258 orang yang dipantau dalam kaitannya dengan penyebaran Covid-19 di Papua. Ini adalah data hasil rekapan sebelumnya, di mana Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah memberikan datanya kepada tim surveilans kami yang sudah bekerja dengan luar biasa, yaitu sebanyak 4087. Sementara itu, data-data dari kabupaten/kota, yang kami sudah terima yaitu sebanyak 1.482,” jelasnya. Adapun, jumlah pemeriksaan sampel yang hingga kini telah dilakukan yaitu sebanyak 109 sampel. Dimana 9 sampel di antaranya telah dinyatakan positif Covid-19.