November 1, 2020

Museum Negeri Jakarta akan menjadi salah satu tempat promosi bagi Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB)

WAMENA, kabarmandala.com -– Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bakal mempromosikan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) bersama dengan pihak ketiga yang dipusatkan di Museum Negeri Jakarta pada 20 Juni mendatang. Hal ini dilakukan guna menarik wisatawan domestik maupun mancanegera untuk datang dan menyaksikan pelaksanaan FBLB di Wamena, 8-10 Agustus mendatang. “Ini tujuannya untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara pada saat pelaksanaan FBLB, sehingga bagian promosi ini menjadi tanggungjawab EO (Even Organizier) yang berkoordinasi dengan OPD terkait untuk menyusun proses pelaksanaannya nanti,”ungkap Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo Jumat (14/6) kemarin.

Menurut Sekda, kegiatan pameran promosi ini untuk bisa mendatangkan wisatawan sebayak mungkin pada saat pelaksanaan festival, lebih banyak dibandingkan tahun –tahun sebelumnya, untuk lebih memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah. “Nanti kan ada beberapa peserta tarian yang diikutkan dalam pameran promosi itu, sehingga mereka bisa melihat bagaimana budaya orang baliem dan tertarik untuk melihat pelaksanaan festival di Wamena nanti,”katanya.

Selain itu, OPD terkait sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung atau objek wisata lainnya yang ada di Jayawijaya sehingga dalam pelaksanaan Festival itu wisatawan juga bisa mengunjungi objek wisata yang lainnya dan tak terkesan membosankan juga. Ada beberapa objek wisata yang kita akan benahi seperti pasir putih, gua Kuantilola, dan mumi juga yang akan disuguhkan dalam pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem tahun ini,” bebernya.