Oktober 29, 2020

nantinya dana BOS akan langsung masuk ke rekening sekolah ini dampaknya

kabarmandala.com — Terkait regulasi baru yang dibuat Kementerian Pendidikan Republik Indonesia mengenai dana BOS yang disalurkan langsung ke tekening sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait, ST., M.Si menegaskan bagi sekolah ada empat hal yang harus disiapkan.

“Hal pertama jaringan harus baik karena jangan sampai tiba – tiba di pusat meminta data secara mendadak,” kata Christian saat diwawancarai di sekolah SMK Filadelfia, Sabtu (5/2/2020). Kedua, kesiapan mental pengelola dana BOS dan harus siap mulai dari bendaharanya, kepala sekolahnya, tim dana bos, pengawas lapangan, dan komite sekolah.

“Mereka harus siap, kalau tidak siap ini bisa menjadi masalah besar,” ujarnya. Ketiga, mekanisme pertanggungjawabannya. “Bagaimana kita mau tau sekarang pertanggungjawabannya, ke dinas saja kita nyonyor – nyonyor apa lagi sekarang ke sekolah langsung. Ini kita belum tau pertanggungjawabannya mereka kasih ke siapa, ke dinas pendidikan atau ke kementerian langsung karena ini menteri yang kirim langsung,” ujar dia.

Keempat, penggunaan dana BOS tersebut, betulkah dana digunakan sesuai dengan rencana kerja sekolah (RKS). ataukah mereka pertanggungjawaban ke jalan – jalan lalu kita tidak tau, ini yang harus di awasi dengan baik. “Saya kembali tekankan bagi sekolah-sekolah yang sudah siap tidak menjadi masalah, tapi bagi sekolah – sekolah yang tidak siap saya pikir perlu adanya pengawasan ketat dari kabupaten dan provinsi yang regulasinya sedang kita atur turunannya,” tuturnya.