Oktober 25, 2020

Opening Ceremony PON XX 2020 akan meriah seperti Asean Para Games

kabarmandala.com — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali siapkan yang terbaik untuk dukung terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Diketahui, even akbar itu akan berlangsung 20 Oktober – 2 November 2020. Sejumlah cabang olahraga akan dipertandingkan dan diperlombakan di venue-venue pada empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Terkait dengan acara pembukaan dan penutupan akan dikerjakan oleh professional yang menangani opening ceremony Asian Para Games. “Untuk pembukaan dan penutupan itu direncanakan akan dilakukan oleh yang mengerjakan pembukaan Asian Para Games. Jadi sudah bisa dibayangkan bagusnya, ya,” kata Amali.

Dirinya menambahkan, pembukaan dan penutupan PON XX nantinya akan digelar di Stadion Papua Bangkit, di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. “Itu adalah stadion yang bagus dan standar. Tentu sangat indah di sana,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani mendesak pemerintah pusat dan provinsi, kabupaten/kota di Papua, untuk bekerja keras menyukseskan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 16 Tahun 2020 Papua.Kerjasama dilakukan khususnya dalam hal keamanan, percepatan penyelesaian pembangunan venue, dan ketersediaan akomodasi.

Puan mengatakan, bahwa sukses PON XX dan Peparnas 16 di Papua ini akan menjadi salah satu hal yang strategis dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Ini bukan sekadar sukses prestasi olahraga, tetapi bagaimana penyatuan atau penyeimbangan antara wilayah barat dan timur ini nantinya bisa segera terwujud untuk NKRI,” ucapnya.