Februari 27, 2021

OPM Itu Teroris !!!

Kabarmandala.com – Banyak para pengamat terorisme yang telah buka suara terkait keabsahan dan tidaknya Gerakan separatis di Papua atau yang kita kenal sebagai OPM merupakan bagian dari teroris.

Sebelumnya kita perlu ketahui apa definisi dari TERORISME itu terlebih dahulu.

“Teroris adalah perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman yang menimbulakan suasana terror atau rasa takut secara meluas, yang dapat menimbulkan korban yang bersifat masal dan atau menimbulkan kerusakan atau kehancuran terhadap objek vital yang strategis, lingkungan hidup, fasilitas publik atau fasilitas internasional dengan motif ideologi, politik atau gangguan keamanan.” (UU No 5 Tahun. 2018)

Sebelum lebih jauh kita membahas tentang teroris itu sendiri, kita perlu mengulas aksi kejahatan yang telah dilakuakan oleh OPM. Satu tahun terakhir banyak jatuh korban baik dari pihak TNI-POLRI maupun masyarakat sipil yang disebabkan oleh aksi kejahatan OPM.

Pada desember 2018, 31 orang pekerja PT. Istaka Karya dibantai dengan kejam oleh OPM saat melaksanakan proyek pembangunan jalan trans Papua di wilayah Nduga.

Aksi teror yang dilakukan, misalnya Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM daerah VIII Intan Jaya membakar pesawat misionaris milik PT. MAF pada Januari 2021.

Penembakan terhadap maskapai pesawat sipil dan heli milik TNI yang sedang mengevakuasi prajurit dan membawa logistik ke daerah pedalaman Papua.

Menurut pengamat terorisme, Dr. Samto Hadi Ismanto dalam webinar PSKP 15 Januari 2021 yang menyatakan apabila mengacu pada pengertian terorisme yang digunakan oleh Indonesia dan berbagai Negara, dihadapkan pada Tindakan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata OPM, maka kelompok separatis OPM memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai organisasi teroris

Namun menurut sudut pandang pengamat lain, Brigjen TNI Iriyanto menyatakan bahwa OPM bukan organisasi teroris dikarenakan kejahatan OPM tidak ditujukan secara langsung kepada negara, namun hanya sebatas tindakan terror kepada masyarakat dan kejahatan OPM belum dapat menciptakan bentuk terror terhadap masyarakat luas, namun sebatas pada orang-orang tertentu atau kelompok masyarakat saja.