Oktober 22, 2020

Pada Prinsipnya TNI Siap Melindungi Timor Leste dari Ancaman Militer

 

Kabarmanda – Pada pertemuan pertama kalinya ini, Kapushidrosal mewakili Tim Satgas Port Visit IME-19B menyampaikan Indonesia siap membantu Timor Leste dalam bidang pendidikan ataupun pelatihan militer yang dapat diikuti oleh Componente Da Força Naval Ligeria. ”Pada prinsipnya Indonesia sebagai negara tetangga tidak akan membiarkan Timor Leste menghadapi ancaman militer,” ujarnya dalam keterangan yang diterima SINDOnews Jumat (13/12/2019).

TNI menyatakan kesiapannya melindungi Timor Leste dari ancaman militer. Hal itu terungkap saat kunjungan Satuan Tugas (Satgas) Port Visit Indonesia Maritim Envoy (IME) 19B yang dipimpin Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro ke Componente Da Força Naval Ligeria di Hera Timor Leste, Kamis, 12 Desember 2019.

Menurut dia, TNI Angkatan Laut memiliki Pusat Hidro-Oseonografi yang mampu melaksanakan survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran. ”Kesempatan ini merupakan hal yang baik untuk Timor Leste guna memperkuat pertahanan maritime,” katanya.

Senada, Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksamana Pertama TNI Ivan Yulian, menyampaikan sudah banyak dari negara tetangga mengikuti pendidikan Sesko setingkat magister selama 10 bulan, untuk fasilitas selama pendidikan dari negara asing akan ditanggung TNI Angkatan Laut. ”Ini akan sangat bermanfaat sekali sebagai bekal pembangunan pertahanan maritim bagi negara Timor Leste,” ucapnya