Oktober 23, 2020

Pada tahun 2020nanti , Ancaman KKSB OPM Papua akan Masih berlanjut

kabarmandala.com — Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, gangguan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau yang biasa disebut eks Kepala BIN Hendropriyono sebagai organisasi separatis teroris, masih akan mewarnai Kamtibmas di 2020.

“Memang benar gangguan KKB masih mewarnai gangguan Kamtibmas dan ancaman di 2020 hingga menimbulkan ketakutan bagi warga masyarakat khususnya pendatang,” kata Irjen Waterpauw, Senin (30/12/2019) di Papua. Karena itu ke depan, kata dia, kepolisian akan membentuk tim khusus untuk melakukan pemetaan, pengejaran serta penangkapan dan memproses sesuai hukum yang berlaku terhadap anggota KKB di Papua.

Dikatakan dia, untuk mengatasi gangguan Kamtibmas yang dilakukan KKSB OPM, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda agar menerbitkan perda untuk melarang keberadaan ormas yang melakukan kegiatan bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

Selain itu pihaknya juga akan meningkatkan sinergitas dan keterpaduan dengan stakeholder guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Papua sehingga pembangunan dapat berlangsung optimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selama 2019 tercatat 23 kasus gangguan KKB yang menyebabkan 10 anggota TNI-Polri yang gugur.Mantan Kapolda Sumut itu memaparkan, gangguan KKB selain di wilayah pegunungan tengah juga terjadi di Polresta Jayapura Kota, Mimika dan Paniai.

“Ancaman KKB tidak saja kepada aparat keamanan tetapi juga warga, hingga menyebabkan tidak dapat beraktivitas dengan normal karena takut,” kata Waterpauw.Selain gangguan yang disebabkan KKB, pihaknya juga memprediksi kejahatan konvensional dan kejahatan lintas negara seperti penyelundupan narkotika masih mewarnai 2020.