Oktober 21, 2020

Pagi tadi pesawat Casa CN milik TNI AU ditembaki oleh KKSB OPM di Pegn. Bintang oksibil

kabarmandala.com — Sebuah aksi penembakan oleh KKSB OPM terhadap pesawat CN milik TNI terjadi di Oksibil, Papua, Senin (23/8) pagi. Dalam informasi yang didapat , kejadian penembakan ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 08.00 WIB atau 10.00 WIT. Pesawat ditembak sesaat setelah landing di landasan bandara setempat.

Belum diketahui kronologis penembakan terjadi dan apakah pelaku penembakan adalah KKSB OPM. Termasuk juga belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, terjadinya penembakan ini membuat penerbangan Trigana Air dari dan ke Oksibil distop sementara. Belum diketahui sampai kapan penyetopan berlangsung.

Sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sempat meneror warga di pedalaman Mimika dan Tembagapura. Akibatnya, ratusan warga memilik mengungsi demi keamanan. Personel keamanan juga telah dikerahkan untuk mengendalikan situasi. Meski begitu, diakui memang kontak tembak antara KKSB OPM dengan aparat keamanan sudah sering terjadi di Papua.

“Kontak tembak, ya kan sudah sering terjadi. Kita selesaikan itu sebagai tindakan KKB, kelompok kriminal bersenjata. Oleh sebab itu ditangani oleh ya polisi, aparat keamanan. Ada yang ditangkap. Sudah ada,” kata Menko Polhukam Mahfud MD, Rabu (18/3)