April 20, 2021

Pangdam dan Kapolda Serahkan Tali kasih Bantuan Sembako di Sentani Papua

kabarmandala.com —¬†Penyaluran donasi berupa sembako dan bahan makanan lainnya yang terkumpul di Posko Spirit of Papua di Abepura, Jayapura, Papua terus dilakukan. Pada minggu ke empat ini, bantuan diserahkan langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, serta Koordinator Spirit of Papua Samuel Tabuni ke pemukiman warga di sekitar Danau Sentani di Distrik Sentani Timur, Jayapura.

Bantuan berupa 10 kg beras, 1 kg gula, mi instan, susu kaleng, dan minyak goreng ini di awal disalurkan kepada 65 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura. Selanjutnya tim bergerak menuju Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Kedua kampung ini berada di sekitar Danau Sentani.

Dikampung Puay, sembako dan bahan makanan dibagi kepada 116 KK, di mana setiap KK mendapat 1 paket sembako. Selain ke dua kampung tersebut, pembagian paket sembako dan bahan makanan juga dilakukan kepada warga yang berada di sepanjang pinggiran Danau Sentani. Tercatat ada sekitar 100 peket sembako diberikan kepada warga di lokasi yang masih masuk wilayah Distrik Sentani Timur ini.

Kapolda mengakui jika bantuan yang diberikan adalah alakadarnya. Namun diharapkan mampu mengurangi beban dimasa Pandemi COVID-19. “Ini memang tidak banyak, namun kita harus bersyukur masih ada orang-orang yang mau membantu sesamanya. Harap diterima dengan baik, ya untuk tahan-tahan lah,” katanya dihadapan warga penerima bantuan, Rabu (29/4/2020).

Dia berharap donasi dan kepedulian berbagai pihak terus mengalir untuk dapat membantu warga masyarakat yang lain. Saat ini Spirit of Papua masih fokus membagikan sembako dan bahan makanan bagi warga Mee Pago, Laa Pago dan wilayah masyarakat di pinggiran Danau Sentani.

“Intinya kami di group Spirit of Papua siap menyalurkan bantuan bapak ibu. Kita sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas perhatian semua. Kita sadar dengan pembatasan aktivitas ini sangat berdampak bagi ekonomi warga. Semoga wabah segera berlalu dan kita bisa normal kembali,” ucapnya.

Sementara itu, Samuel Tabuni menjelaskan bahwa aksi yang dilakukan Spirit of Papuya adalah kerja kemanusiaan bersama seluruh anggota group dan para donatur. Dia meminta pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Papua mampu menerjemahkan perintah pemerintah pusat untuk mengerahkan semua sumber daya untuk penanganan dan pencegahan wabah COVID-19.

“Jadi jangan sendiri-sendiri, ini kayak Bupati Mimika jalan sendiri, bupati lain juga demikian. Akses sudah dibatasi, namun angka terus bertambah, ini artinya kita kurang bergerak, harus lebih aktif lagi.Saya lihat pemerintah Papua banyak meeting-meeting. Sementara manusia di bawah ini tidak terkontrol baik,” katanya.

Sementara,Ketua Posko Spirit of Papua, Maikel Yerisitouw mengungkapkan, jumlah bantuan yang telah dibagikan ke warga mencapai 2.320 paket sembako. “Ini sudah terbagi dari awal kemarin, mulai dari asrama mahasiswa sampai ke warga-warga di Kabupaten dan Kota Jayapura. Kami masih terus membuka donasi dari para donatur untuk kita berikan kepada warga yang membutuhkan,” ucapnya.¬†Maikel mengakui, pihaknyja tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan seluruhnya. “Namun setidaknya kita membantu mengurangi beban bapak ibu warga Papua yang terdampak COVID-19,” tandasnya.