Desember 1, 2020

Pangdam dan Kapolda tinjau lokasi penembakan yang diduga anggota KKSB

kabarmandala.com — Kapolda Papua Irjen. Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI, Herman Asaribab beserta jajarannya meninjau lokasi penembakan dua warga sipil yakni Ronny Wandik (24) dan Eden Armando Debari (20). Peninjauan tersebut dilakukan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yakni Mile 34, Kamis (16/4/2020).

Peninjauan TKP tersebut, guna mengetahui secara pasti kronologis penembakan yang diduga dilakukan oleh oknum aparat keamanan saat almarhum Ronny dan Eden sedang mencari ikan, Senin (13/4/2020) lalu. Ronny dan Eden ditemukan saat dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Dan telah di makamkan pada, Rabu (15/4/2020).

“Hari ini kami melihat TKP di mile 34. Ini memang area terbatas. Jadi kelompok kriminal bersenjata sering mengganggu daerah batas atau daerah tradisional. Dan memang daerah ini tidak boleh dilewati warga,”kata Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw di mile 34, kepada wartawan di sela sela kegiatan tinjau TKP tersebut.

Ia mengatakan daerah tersebut dapat tembus ke Tembagapura dimana setelah melakukan gangguan di wilayah Kuala Kencana, kelompok ini langsung masuk ke dalam hutan dan menuju Tembagapura. Pada prinsipnya kata Paulus, hasil tinjauan di lokasi Mile 34 akan dipadukan dengan tim investigasi untuk hasilnya. “Kami ini adalah alat negara dan negara tidak boleh kalah dengan kelompok kelompok seperti separatis bersenjata. Kemudian untuk mekanisme selanjutnya akan disampaikan oleh tim investigasi,” ujarnya.