Oktober 24, 2020

Panglima TNI dan Kapolri lakukan pertemuan secara tertutup usai tiba di Timika

kabarmandala.com —┬áPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis tiba di Timika, Kabupaten Mimika, langsung melakukan pertemuan tertutup bersama jajaran TNI-Polri di Rimba Papua Hotel, Kamis (28/11).

Panglima TNI dan Kapolri sebelumnya bertolak dari Jayapura menggunakan pesawat Hercules A-1316 milik TNI AU dan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 10.45 WIT bersama rombongan, dan didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab serta Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Informasi yang diperoleh, dalam pertemuan tertutup yang juga di hadiri Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Panglima TNI dan Kapolri mendapat pemaparan terkait situasi dan kondisi keamanan di Papua, terutama kondisi di area obyek vital nasional PT Freeport Indonesia (PTFI)yang menjadi sasaran utama gangguan keamanan oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB).

Selanjutnya, Panglima TNI dan Kapolri direncanakan meninjau penerjunan taktis oleh prajurit TNI pada Jumat (29/11) pagi, kemudian dilanjutkan meninjau pos-pos pengamanan di area obyek vital nasional PT Freeport Indonesia.

Pertemuan juga akan dilakukan bersama Menkopolhukam, Mahfud MD dan Komisi I DPR RI serta pejabat daerah yang akan tiba Jumat besok. Selanjutnya rombongan direncanakan akan bertolak menuju Wamena, Kabupaten Jayawijaya.