Januari 18, 2021

Panglima TNI : Pilkada 2020 Papua masih rawan

kabarmandala.com — Pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak tahun 2020 mendatang akan dilaksanakan di 270 daerah yang terdiri dari Pilgub di 9 Provinsi, Pilwako di 37 Kota dan 224 pilkada di kabupaten, diketahui pilkada serentak akan digelar pada 23 September 2020. Terkait itu, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan wilayah papua diprediksi berpotensi rawan konflik, dari 270 daerah, Papua diperkirakannya berpotensi konflik.

“Adapun daerah yang diperkirakan berpotensi konflik karena isu SARA, konflik horizontal dan politik uang adalah wilayah Papua,” hal itu disampaikan Hadi dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Gedung Parlemem, Senayan, Jakarta (Rabu, 6/11/19).

Menurutnya ada tiga aspek yang menyebabkan konflik di Pilkada Serentak 2020, yaitu aspek penyelenggaraan, kontestasi dan partisipasi. Untuk itu pihaknya siap mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak dengan menyiagakan personel untuk membantu Polri.

“Guna mengamankan pelaksanaan pilkada serentak tersebut, TNI siap menyiagakan personel dan Alat Utama Persenjataan (Alutsista) untuk perbantuan kepada aparat kepolisian sesuai dengan undang-undang ada aturan yang berlaku,” terangnya. Ia juga mengatakan pada Pemilu 2019 lalu, TNI mengerahkan kekuatan sebesar 2/3 kekuatan dari yang dikerahkan Polri. Tandas Hadi.