November 26, 2020

Pansus DPD untuk Papua Bertemu Kelompok Separatis Papua Rabu

Kabarmandala.com – Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPD Papua, Filep Wamafma, membeberkan rencana pertemuan mereka dengan kelompok separatis Papua, Selasa (26/11) dan Rabu (27/11). Kelompok tersebut adalah anggota United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite National Papua Barat (KNPB).

“Kita [merencanakan] bertemu KNPB, ULMWP, dan dengan kelompok yang belum disentuh,” ujar Filep saat ditemui di kantor Menkopolhukam, Senin (25/11).

“Kita [juga] lakukan pertemuan dengan jajaran pemerintah daerah, kemudian berikutnya kami akan bertemu dengan dewan rakyat Papua, kemudian tokoh gereja, tokoh adat, kemudian pertemuan ketiga kita bertemu tokoh intelektual papua, perguruan tinggi,” sambungnya.

Filep mengaku pertemuan tersebut telah disetujui kedua belah pihak. Meski begitu, pertemuan nantinya akan digelar tertutup di Kota Jayapura, Papua.

“Mereka bersedia [bertemu] di Jayapura tanggal 27 November. Kita ingin dengar apa yang mereka inginkan, kita mencatat, kita akan bahas lebih lanjut,” beber Filep.

Jika nanti kelompok tersebut menyinggung soal referendum, Filep menegaskan pihaknya akan menjembatani seluruh pendapat. Selagi itu masih sesuai konstitusi dan Undang-undang yang dianut.

“Pansus ini ‘kan tugas negara, kita ini amanat konstitusi yang untuk melaksanakan segara tugas negara oleh karena itu sebagai senator kita sesuai konstitusi dan UU,” kata senator Papua Barat itu.

Pansus Papua yang beranggotakan 15 orang disahkan dalam Sidang Paripurna Luar Biasa DPD pada 4 November lalu. Mereka akan bekerja untuk menemukan rekomendasi penyelesaian masalah-masalah di Papua secara komprehensif.