Maret 3, 2021

Papua sumbang 2 pemain di skuat timnas U19

kabarmandala.com — Dua pemain muda Papua Braif Fatari dan Theo Numberi lolos seleksi Timnas Indonesia U-19 setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan 28 pemain lolos seleksi tim nasional U-19 yang akan berangkat ke Thailand mengikuti pemusatan latihan (TC).

“Pemain yang terpilih saat ini mereka yang benar-benar siap dan tidak mengalami cedera. Mereka juga adalah yang terbaik dari semua pemain seleksi,” ujar manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu.

Menurut pria asal Korea Selatan itu, semua pemain seleksi yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, sejatinya sudah menunjukkan penampilan yang bagus dan terus menunjukkan perkembangan. Shin sendiri menjadikan pertandingan internal sebagai metode utamanya untuk mencari pesepak bola paling unggul dari semuanya.

Seleksi timnas U-19 dipantau oleh Shin Tae Yong dibantu oleh pelatih timnas U-19 Gong Oh Kyun serta asistennya, Nova Arianto. Sahari Gultom serta asisten pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri juga ikut membatu kegiatan tersebut

Adapun TC di Thailand akan digelar di Chiang Mai pada 20 Januari-1 Februari 2020. Selain berlatih, timnas U-19 rencananya akan bertanding menghadapi beberapa tim lokal dan klub dari Korea Selatan. Terkait pemain yang lolos seleksi, beberapa nama adalah mereka yang pernah memperkuat tim nasional Indonesia baik di level umur U-16, U-19 dan U-22 seperti Amiruddin Bagas, Sutan Zico, Rizky Ridho dan Witan Sulaeman.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan. Setelah itu, skuat berjuluk Garuda Nusantara bersiap untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021.