Maret 7, 2021

Papua Tak Bisa Pastikan Akan Terapkan PSBB

kabarmandala.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua belum menerima usulan resmi dari daerah terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Karena itulah tidak ada kepastian kapan akan menerapkan kebijakan tersebut. Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan, belum ada usulan resmi untuk pemberlakuan PSBB, namun Pemprov akan berkoordinasi dengan pusat terkait penanganan Covid-19.

“Karena itulah hingga kini belum dipastikan kapan pengajuannya dan penerapan PSBB di Papua,” kata dia di Kota Jayapura, Papua, Jumat (1/5/2020). Dia mengatakan, walau belum menerapkan PSBB, namun secara keseluruhan Papua sudah melakukan pembatasan ke luar masuk orang baik menggunakan pesawat maupun kapal.

Aturan itu juga telah diterapkan di semua daerah, sehingga hanya kapal atau pesawat angkutan cargo atau barang saja yang diizinkan masuk ke berbagai pelabuhan dan bandara. Terkait penyebaran virus corona, Wagub Tinal mengaku, dari laporan yang diterima setiap harinya rata-rata sekitar 10 warga terjangkit virus corona. Kini totalnya ada 205 pasien positif Covid-19. “Untuk itu pemda se-Papua harus benar-benar serius menanganinya agar dapat menekan penyebaran Covid-19,” ujar Tinal.