November 30, 2020

Papua Usulkan Pencairan Dana ‘Pencegahan Corona’ sebesar Rp 170 M

kabarmandala.com —┬áProvinsi Papua membutuhkan dana Rp 170 miliar untuk penanganan virus corona covid-19.┬áDana tersebut diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas, termasuk alat pelindung diri (APD), tenaga medis maupun peralatan medis lainnya. “Kami melihat dalam anggaran itu ada dana tak terduga Rp 25 M, sementara dana yang diusulkan Rp 170 miliar,” kata Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw di Jayapura, Kamis (19/3), usai rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah ( TAPD) di Kantor DPR Papua.

Kata Jhony, DPR Papua dan TAPD akan menyamakan persepsi bersama soal pergeseran anggaran pada APBD induk perubahan.”Kami pahami bahwa Papua sangat minim peralatan penunjang, seperti ruangan isolasi dan APD. Ini bisa dibayangkan jika ada ratusan orang bersamaan sakit dan Papua tak mempunyai fasilitas yang memadai,” katanya.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen menyampaikan tindakan yang terpenting adalah penyelamatan masyarakat di Papua, serta langkah pencegahan. “Kami yakin, DPR Papua akan memberikan dukungan dalam hal anggaran yang telah diajukan,” Hery menambahkan.