Oktober 29, 2020

Para sopir taksi dan penumpanag mendapatkan pembagian masker dari Dishub Kab. Jayapura

kabarmandala.com — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura membagikan masker ribuan masker kepada para pengemudi yang melintas di sejumlah titik di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (18/4/2020) pekan kemarin. Pembagian masker yang dilakukan Dishub Kabupaten Jayapura itu melibatkan seluruh staf dan pegawai di Dishub Kabupaten Jayapura.

Kepala Dishub Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP, yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan, pembagian masker dilakukan kepada para pengemudi yang menjalankan aktivitasnya. “Sesuai rekomendasi dari WHO dan pemerintah bahwa warga yang ke luar rumah wajb menggunakan masker sebagai alat pelindung diri atau APD,” ungkap mantan Kepala Distrik Sentani tersebut. “Sudah dua hari ya, mulai kemarin dan hari Sabtu (18/4/2020) ini kita tetap mengadakan pengendalian dan juga pengawasan kendaraan. Kemudian kita dikasih tugas tambahan satu lagi terkait dengan pembagian alat pelindung diri (APD) dalam hal ini masker. Kita kemarin distribusikan masker sekitar 1.300 pis dan hari ini (Sabtu, 18/4) kita kembali distribusi masker lagi sekitar1.500 pis,” tambah Alfons Awoitauw.

Selain itu, ia juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini terus berupaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di tengah masyarakat.“Secara kebutuhan masker itu kami peroleh bantuan dari pemerintah daerah dalam hal ini tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura sebanyak 1.600 pis, sedangkan dari kita sendiri untuk pemenuhan masker di Dinas Perhubungan secara mandiri itu pesan sekitar 2.500 pis masker. Pembagian masker ini dengan sasaran seluruh armada kita yang berjumlah 1.900, setelah itu baru kita sasar ke penumpang angkutan umum atau taxi,” paparnya.

“Upaya yang dilakukan ini dnegan giat mengedukasi cara-cara pencegahan penularan wabah virus Corona, dan menerapkan physical distancing,” urai Alfons lagi.Ditambahkannya, pemberian masker ini merupakan sosialisasi untuk membangun kesadaran masyarakat khususnya sopir maupun penumpang agar bisa menjaga kesehatan pribadi dan juga orang lain. “Karena kita melihat masih banyak masyarakat yang tidka menggunakan masker saat melakukan kegiatan sehari-hari, maupun perjalanan dengan berkendara, dan ini tentunya dapat berdampak pada rentannya masyarakat terpapar Covid-19,” imbuh Alfons.

Bahkan ia sangat prihatin, karena saat ini masih banyak atau pengemudi yang belum menggunakan masker, padahal anjuran pemakaian masker saat berada di luar rumah kerap diingatkan oleh pihaknya. “Kami mengajak masyarakat untuk menggunakan masker saat berkendara roda dua maupun roda empat. Bagi mereka yang belum memakai masker, maka kita langsung berikan. Kami imbau agar mereka untuk selalu mengenakan masker saat keluar rumah, apalagi berkendara atau mengemudi. Hal ini agar masyarakat bisa melindungi dirinya sendiri dari Covid-19,” terangnya.

Alfons mengimbau agar tidak keluar rumah, apabila tidak ada kepentingan yang snagat mendesak, dan jika memang harus keluar rumah maka diharuskan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing. “Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memakai masker di tengah pandemi Covid-19, guna mencegah terjadinya peningkatan kasus ODP, PDP atau status positif Coronavirus di daerah ini,” pesan Alfons.

Dalam pembagian masker, beberapa pengemudi roda empat yang tidak memakai masker terlihat kaget karena dihentikan oleh petugas Dishub, kepada mereka disampaikan tentang adanya sosialisasi penggunaan dan juga pembagian masker saat berkendara, dan mereka yang tidak mengenakan masker lantas diberikan masker untuk langsung dipakai dalam berkendara.

Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai titik di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, seperti di Depapre, Pertigaan Genyem, Pasar Pharaa Sentani, Terminal Sementara Ekspo untuk taxi jurusan Sentani-Waena, kemudian di Pojok Sentani, Pasar Pharaa Sentani, Pertigaan Genyem dan tiga trayek transportasi Danau seperti di Khalkote, Yahim dan Patouw.