Desember 4, 2020

Para tokoh Papua berdialog dengan Menkopolhukan dan ajukan beberapa permintaan ke pemerintah

kabarmandala.com — Menko Polhukam Mahfud MD yang tengah melakukan kunjungan kerja di Papua pada Sabtu (30/11/2019) mengadakan pertemuan dan berdialog dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat Papua di Jayapura.

Mahfud berdialog bersama sekitar 80 tokoh dari seluruh kabupaten kota dan wilayah adat se-Papua. Undangan yang hadir meminta Mahfud mengusulkan kepada pemerintah pusat agar melibatkan warga dan pengusaha Papua dalam pembangunan Papua serta meminta pemerintah pusat untuk konsisten dengan penerapan otonomi khusus.

Menjawab hal tersebut, Mahfud menegaskan bahwa sejak awal pemerintah tidak memberikan perlakukan yang berbeda terhadap berbagai daerah, begitu juga dengan Papua. Bahkan dikatakannya pemerintah memberikan perhatian lebih untuk Papua. Pemerintah, disebutnya, selalu ingin mengembangkan Papua, salah satunya dalam hal pendidikan – meski diakuinya masih banyak persoalan dalam hal pembangunan akibat keterbatasan infrastruktur.

“Pemerintah melakukan ingin memajukan Papua agar bisa sama dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu maju, misalnya dengan UU otonomi khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain,” ungkapnya.