Oktober 22, 2020

Pasar Jibama Wamena sudah berangsur kondusif pasca baku tembak tadi pagi

kabarmandala.com — Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya menyatakan bahwa situasi terakhir pasca-baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di pasar Jibama, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8), sudah kondusif.

“Situasi terakhir Wamena aman kondusif, karena pak bupati beserta tokoh-tokoh agama turun langsung sehingga untuk meng-counter kisaran suara yang berkembang jangan sampai membalikkan fakta atau apapun, karena sekarang kan cukup riskan itu. Isu-isu yang berkembang seperti itu,” kata Kapolres Tonny saat dikonfirmasi via telepon.

Ia juga mengungkapkan bahwa, KKB pimpinan Egianus Kogoya sudah sejak Senin, 19 Agustus 2019 menunggu akan adanya aksi-aksi massa untuk kemudian dimanfaatkan menyusup dan membuat situasi di daerah itu terganggu.

“Karena dari awal kita sudah menyampaikan imbauan-imbauan ke masyarakat jangan terpengaruh, tidak usah ikut-ikutan seperti itu, kita tetap kondisi damai,” ujarnya.

“Orang-orang gereja membantu, dari tokoh-tokoh agama, terutama dari pendeta-pendeta ini membantu mengimbau masyarakatnya untuk tidak mudah terpengaruh oleh ajakan-ajakan provokator itu sendiri,” ujarnya.

Peristiwa baku tembak terjadi di pasar Jibama lantaran terdapat beberapa anggota KKB masuk kota dengan membawa senjata api, kemudian melepas tembakan di dalam pasar yang menyebabkan warga berhamburan ke luar area pasar.

Patroli gabungan yang merespon kejadian itu berhasil melumpuhkan seorang anggota KKB hingga tewas di tempat. Namun satu orang anggota polri dan seorang banpol juga terkena tembakan KKB.