November 30, 2020

Pasien Covid 19 Sembuh Meningkat, Tapi Ada 6 Tambahan Kasus Baru

kabarmandala.com — Juru Bicara Pencegahan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule mengaku pihaknya bersyukur karena ada peningkatan jumlah kasus positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Papua yang telah sembuh, yakni sebanyak 15 orang. “Jumlah pasien postif Covid-19 yang sembuh ini, tersebar di beberapa kabupaten, yakni di Kabupaten Merauke ada 3 orang, di Kota Jayapura ada 5 orang, di Kabupaten Mimika ada 3 orang, dan di Kabupaten Jayapura ada 4 orang,” jelas Silwanus, Senin, 13 April 2020.

Namun berdasarkan data pada Senin, 13 April 2020, kata Silwanus, ternyata juga ada peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 di Papua, yakni kini ada 67 kasus. Sebab ada peningkatan 6 kasus tambahan baru dibanding data sebelumnya. “6 kasus baru itu tersebar di beberapa wilayah, yakni di Kabupaten Jayawijaya 2 orang, Kabupaten Mamberamo Tengah 1 orang, Kabupaten Jayapura 1 orang, Kabupaten Merauke 1 orang dan Kabupaten Keerom 1 orang,” jelas Silwanus.

Silwanus juga mengatakan, dari 6 kasus tambahan baru itu, ada kasus tambahan dari kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua yang jebol. “Ini harus jadi perhatian, khususnya pemerintah. Pemerintah harus ambil langkah strategis dan taktis untuk dua kabupaten itu, termasuk kabupaten di sekitarnya,” jelasnya. Menurut Silwanus, saat ini harus berpikir penanganan dulu, supaya virus ini tak menyebar lebih jauh di daerah pedalaman Papua. “Saat ini pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jayawijaya 2 dalam perawatan. Kondisi pasien, sakit ringan dan sakit sedang,” ungkapnya.

Dari 2 kasus itu, kata Silwanus, diantaranya 1 kasus positif adalah dokter. Ini harus jadi perhatian. Sebab saat ini butuhkan tenaga dokter. Sedangkan Kabupaten Mamberamo Tengah 1 kasus positif. Pasien saat ini dirawat di RSUD Wamena. “Kami selama ini upayakan tak ada kasus di pegunungan tengah Papua, tapi tetap jebol juga,” katanya. Sedangkan kasus pasien yang meninggal dunia ada 7 kasus atau 11,1%. Sementara ODP terjadi peningkatan karena ditemukan kasus baru. “Lalu saat ini ada 46 pasien dalam perawatan. Sedangkan ODP 3.216 orang dan PDP 83 orang, yang mana sebelumnya 59 pasien,” jelas Silwanus.

Untuk Kota Jayapura, kata Silwanus, saat ini ada 22 kasus positif, 14 perawatan, 5 sembuh dan 3 meninggal. Kabupaten Mimika ada 19 kasus positif, 13 kasus perawatan, 3 sembuh dan 3 meninggal dunia. Lalu Kabupaten Jayapura ada 11 kasus positif, 8 dalam perawatan, 3 diantaranya pasien dirujuk ke kota Jayapura. “Kabupaten Merauke 7 kasus, 4 dalam perawatan, dan 3 sembuh. Kabupaten Keerom ada 2 kasus dan saat ini masih dirawat di Kota Jayapura. Terus di Kabupaten Sarmi ada 3 kasus. Kabupaten Jayawijaya ada 2 kasus positif. Sedangkandi  Kabupaten Mamberamo Tengah 1 kasus positif, pasien dirawat di RSUD Wamena,” jelas Silwanus.

Selain itu, kata Silwanus, masih ada 1 kabupaten yang sampai saat ini belum secara rutin melaporkan aksi pencegahan covid-19, yaitu Kabupaten Nduga. “Untuk itu atas nama Satgas Covid-19 Provinsi Papua meminta perhatian secara khusus kepada seluruh pemerintah kabupaten. “Teristimewa di daerah pegunungan tengah Papua, sehubungan telah ditemukannya kasus positif di wilayah ini,” terangnya.

Silwanus juga mengajak semua pihak bergandengan tangan bersama dan saling menjaga kekompakkan. Bagi pemerintah daerah yang ada di wilayah pegunungan tengah Papua untuk lebih perhatian serius. Juga semua dinas-dinas kesehatan di daerah pegunungan tengah Papua untuk segera melakukan tracking. “Segera melakukan pelacakan untuk menemukan kasus-kasus baru. Dan jika sudah menemukan ODP segera lakukan pemeriksaan dan lakukan rapid test. Bila temukan hasil yang positif, segera menghubungi kami di provinsi agar kami bisa melanjutkan dengan pemeriksaan PCR,” tutup Silwanus.