Desember 1, 2020

PB PON Papua Nyatakan Warga Kompleks Stadion Papua Bangkit Siap Direlokasi

kabarmandala.com — Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda mengklaim warga yang tinggal di kompleks Stadion Papua Bangkit (Spaba), Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, sudah siap untuk direlokasi. Pihaknya pun meminta Pemerintah Provinsi Papua untuk segera menyiapkan biaya ganti rugi untuk merelokasi warga tersebut, supaya penataan kawasan Spaba oleh Kementerian PUPR bisa segera dijalankan.

“Terkait relokasi warga di kompleks Stadion Papua Bangkit sebenarnya mereka sudah siap untuk direlokasi”. “Tetapi sekarang yang enjadi pertanyaan apakah pemerintah provinsi sudah siap (membayar ganti rugi atau) tidak? Sebab ini bukan menjadi tanggungjawab PB PON Papua. Tetapi pemerintah daerah,” terang Yunus di Jayapura, Jumat (21/2/2020).

Yunus berharap, relokasi tersebut dapat dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sebab seluruh proses pembangunan dan penyiapan venue, mesti rampung sebelum Juli 2020 mendatang. Sementara Sekda Papua Hery Dosinaen yang ditemui wartawan menyatakan segera mengkonsolidasikan upaya relokasi tersebut, agar dapat rampung secepatnya.

“Nanti kita segera konsolidasikan supaya penataan oleh Kementerian PUPR ini bisa cepat berlangsung,” ucap ia. Sebelumnya, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo berharap Pemprov Papua segera merampungkan relokasi warga yang tinggal di kawasan Spaba. Bila sudah tuntas, pihaknya segera mendorong penataan kawasan di Spaba. “Kita mau tata kawasan tapi masih ada rumah warga. Untuk itu, kita minta dukungan dan bantuan Pemprov Papua untuk menuntaskan relokasi,” pungkas ia.