Oktober 23, 2020

Pembangunan Trans Papua Jayapura-Oksibil Dipercepat

Kabarmandala.com – Pembangunan jalan trans Jayapura-Oksibil, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Jayapura, Edu Sasarari mengatakan pengerjaan jalan trans dari Jayapura hingga Oksibil telah mencapai 229 km dan tersisa kurang lebih 179 km.

“Kami akan kerja sama dengan Balai Jalan di Wamena, agar bisa dikerjakan dari Oksibil arah ke Towe Hitam. Sementara kami akan mengerjakan dari Towe Hitam ke Oksibil. Jadi kita kerjaan keroyokan 179 km yang masih hutan,” terang Edu Sasarari di Jayapura, Senin 12 Oktober 2020.

Menurut Edu, hingga saat ini tidak ada kendala yang dihadapi sehingga pekerjaan jalan trans yang ditargetkan akan lebih cepat tercapai. “Tahun 2021 akan dipercepat jalan trans, agar terhubung sampai hingga batas wilayah Oksibil,” ungkapnya.

Lanjut Edu, akan jauh lebih murah jika pengerjaan jalan trans dilakukan dari Jayapura karena jika dikerjakan dari Oksibil akan terkendala biaya bahan bakar dan transportasi.

Sementara itu, Kasatker Wilayah I BBPJN Jayapura, Asanty.MT mengatakan untuk pekerjaan multiyears ada dua yakni dari arah Oksibil menuju arah Jayapura yang panjangnya 12,07 km kemudian dari Oksibil ke Ubruk kurang lebih 10 km.

“Harapan kami setelah selesai dikerjakan yang pertama adalah membuka keterisoasian daerah yang tentunya bedampak pada turunga harga bahan pokok karena distribusi barang akan lebih mudah nantinya.” Terang Asanty.