Desember 3, 2020

Pemda Jayawijaya sedang rancang destinsi wisata saat gelaran PON 2020

kabarmandala.com — Meski  Jayawijaya tak mendapat bagian untuk  menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober mendatang, namun Kabupaten yang dikenal dengan nama Lembah Baliem ini menawarkan sebuah destinasi wisata, oleh karena itu pemda terus menata kota Wamena.

    “Pemda akan selalu siap jika ada tim PON yang akan melakukan perjalanan wisata ke Wamena, karena ini sudah menjadi petunjuk gubernur. Sehingga Kami akan coba koordinasi dengan PB PON lagi terkait hal ini,” kata Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, Senin (3/2) kemarin.

   Menurut Bupati, Pemda juga akan menyiapkan souvenir-souvenir bagi para pengunjung yang merupakan para atlet PON, apabila usai melaksanakan turnamen ingin berkunjung ke Jayawijaya untuk melihat pesona alam yang ada disini.

   “Banyak tempat wisata di Jayawijaya yang wajib dikunjungi, mulai dari Mumi, Pasir Putih, Danau Habema, Batas Batu dan masih banyak lagi, bahkan festival budaya Lembah Baliem juga dilakukan setiap tahun di Wamena bisa disaksikan,”ungkapnya.   “Saat ini kami juga sedang melakukan pemugaran dibeberapa objek wisata, salah satunya Pasir Putih melengkapi fasilitas yang ada untuk menarik wisatawan,” sambungnya.

  Terkait keamanan, Bupati Jhon menegaskan bahwa Wamena sudah cukup aman untuk dikunjungi meski  sempat terjadi insiden beberapa waktu lalu.  “Untuk keamanan di Jayawijaya secara keseluruhan semakin hari -semakin membaik, sehingga kami juga akan menjamin keamanan atlet apabila memilih Jayawijaya sebagai tempat destinasi wisata,”tuturnya.