Oktober 24, 2020

Pemkab Merauke Alokasikan Rp 2 Miliar untuk peringati HUT kota Merauke

kabarmandala.com — Dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun Kota   Merauke ke- 118, Pemerintah  Kabupaten Merauke mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar  dalam APBD 2020. Namun Ketua   Panitia Drs Rama Dayanto, M.Si  mengungkapkan  bahwa dalam operasionalnya,    panitia  tidak menggunakan  seluruh anggaran  tersebut.

  Sebab, dari alokasi anggaran   yang disiapkan tersebut masih   dipotong  PPN dan PPh. ‘’Untuk  pembiayaan HUT Merauke ke-118 ini, pemerintah  telah  mengalokasikan anggaran  Rp 2 miliar.  Namun dalam operasionalnya, tidak sebesar itu  karena masih ada   pajak PPn dan PPh,’’ kata   Rama Dayanto  yang   pada pelantikan  pejabat eselon II, III dan IV pada 18 Desember lalu    telah dipercaya sebagai Kepala Kesbangpol Kabupaten Merauke.

   Rama Dayanto menjelaskan,   untuk HUT  kali ini akan diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya festival budaya  dalam bentuk pawai budaya yang  dipimpin Etnis Marind  kemudian diikuti etnis nusantara lainnya  yang ada di Merauke.   “Ada juga bakti sosial, selain kerja bakti massal. Juga akan  ada kunjungan ke  asrama-asrama mahasiswa. Juga akan  ada pasar murah  dan bakti sosial lainnya,’’ terangnya.

   Rama Dayanto menjelaskan, kegiatan akan dimulai tepat  pada peringatan  HUT Kota Merauke  pada 12 Februari  dengan menggelar pawai budaya dengan start  dari Libra dan finish di kantor bupati.   “Tapi  sebelumnya itu juga ada lomba  tradisional  yang dimulai Sabtu kemarin lewat  kontes  motor  di GOR Hiad Sai. Selanjutnya, road race. Kemudian   pada puncak  peringatan akan dilakukan pawai  dan  hiburan  rakyat pada malam harinya yang diisi dengan    lomba seni, paduan suara dan sebagainya,’’ jelasnya.

   Selanjutnya, pada tanggal 13-15  Februari akan  ada pameran pasar kuliner. Sedangkan  syukuran HUT Kota Merauke akan dirangkaikan dengan  4  tahun kepemimpinan bupati Merauke Frederikus Gebze-Sularso. “Akan ada  sambutan  dan doa bersama serta hiburan. Rencananya kita  juga akan datangkan artis  yang merupakan sumbangsih dari  teman-teman  pengusaha  untuk datangkan artis tersebut,’’ jelasnya. Artis yang   akan didatangkan tambah  Rama Dayanto adalah Ona Huterua.