Oktober 28, 2020

Pemkab Mimika akan menutup RM,Cafe dan Restoran yang masih melayani makan ditempat

kabarmandala.com — Pemerintah Kabupaten Mimika mengeluarkan kebijakan terhadap para pemilik rumah makan (RM), kafe hingga restoran untuk tidak melayani pembeli yang makan di tempat . Hanya dibolehkan menggunakan sistem bungkus.

Hal tersebut dilakukan, guna menghindari pandemi corona (Covid-19) dengan memutus rantai penyebaran virus terutama di titik-titik keramaian yang menjadi tempat kumpul (nongkrong) masyarakat Mimika. “Kami harap pemilik restoran, kafe dan warung makan, tetap melayani orang yang mau belanja, tapi tidak untuk makan di tempat. Alias hanya bungkus dan pulang makan di rumah saja,” kata Kepala Dinas Satpol-PP Mimika Willem Naa saat ditemui di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (21/2/2020).

Tak hanya itu, berbagai warung makan kecil hingga tempat-tempat makan di pinggir jalan juga akan ditertibkan. Hal tersebut guna menghindari adanya kerumunan masyarakat. “Berdasarkan instruksi Bupati, diperintahkan kepada Satpol-PP untuk menutup dan menertibkan tempat yang bisa mengumpulkan banyak orang. Semua warung makan biar yang kecil, tidak boleh ada meja dan tempat duduk di pinggir jalan. Itu dilarang keras. Semua yang di warung makan, termasuk yang memasang tenda,” ujarnya.

Willem mengatakan, larangan tersebut diberlakukan mulai Minggu (22/3/2020) hingga ada instruksi selanjutnya dari Pemerintah Daerah. Apabila para pemilik tempat-tempat yang dimaksud, tidak mengikuti kebijakan tersebut, maka Pemda Mimika akan mencabut izin usahanya.

“Jika melanggar, kita langsung tutup. Seluruh ijin kita cabut. Kita sampaikan instruksi bupati berlaku mulai hari Minggu (22/3/2020). Kalau berani melanggar, langsung kita tindak. Tidak ada kompromi. Virus ini sudah menyebar ke mana-mana. Jadi lebih baik kita waspada. Daripada terjadi. Sebelum ada apa-apa, kita antisipasi,” imbuhnya. Perlu diketahui, selain RM, kafe, restoran, penertiban juga akan dilakukan di tempat keramaian lainnya termasuk tempat-tempat wisata maupun tempat hiburan malam hingga tempat pijat.