April 12, 2021

Pemkab Puncak Jaya Lockdown, Bupati Harus Siap Memastikan kecukupan Logistik masyarakat

kabarmandala.com — Kebijakan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang memberlakukan status lockdown Daerah selama 15 hari untuk mencegah wabah virus corona mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua. Hal ini dikatakan langsung oleh Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen kepada wartawan usai mengikuti rapat pimpinan TNI-Plri di SPN Polda Papua, Jumat (20/3/2020)

“Kita dukung, karena sesuai dengan topograsi wilayah, kita harapkan semua kabupaten harus begitu ,tapi dengan catatan, Bupati harus siap untuk memastikan logistik masyarakatnya, itu yang paling utama, tapi untuk pencegahan, dan Pemerintah Provinsi Papua mendukung itu,” jelas Hery. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya sudah melakukan yang seharusnya, mengingat karakteristik dan kondisi di daerah tersebut, sehingga pemberlakukan satatus Lockdaown sudah sangat tepat.

“Kondisi geograsi Papua sangat beda, masyarakat kita dengan keterbatasan rumah sakit, instrument dan lain sebagainya, ini yang harus dilakukan selama 14 hari,” ujarnya. Dalam kesempatan yang sama Ketua DPR Papua Jhon Banua Rouw, meminta kepada pemerintah Daerah untuk lebih memperketat pintu masuk dan keluar Papua, khusunya bagi setiap masyarakat yang baru saja tiba dari luar Papua.

“Kita tidak membatasi , tapi lebih selektif, dengan data yang baik, kita harus ada upaya karantina, contoh yang tadi di sampaikan bapak kapolda, ada 500 orang yang direncanakan ikuti Ijtma di Makasaar, tapi dipulangkan tapi mereka sudah berkumpul dengan orang banyak dari tempat lain,”ungkapnya

Menurut Politikus Nasdem ini, Pemerintah seharusnya lebih tanggap dengan menyiapkan tempat karantina, untuk mengkarantina setiap warga yang baru tiba dari luar Papua, “mereka harus dikarantina sampai waktu yang ditentukan, sebab tidak ada jaminan mereka akan melakukan karantina pribadi,” pinta Jhon. “Tidak usah kita bilang nanti kita karantina pribadi, siapa yang bisa menjamin itu konsekwensinya kita siapkan biaya kalau mau menjaga papua ya itu caranya,”pungkasnya.