Mei 11, 2021

Penjelasan Bupati Nabire Terkait Kesepakatan Bersama Asosiasi Bupati Wilayah Meepago

kabarmandala.com —┬áKesepakatan bersama Asosiasi Bupati Wilayah Meepago per tanggal 6 Mei 2020 di Deiyai, telah menetapkan 5 poin penting. Namun berdasarkan informasi terakhir yang diterima Nabire.Net, kesepakatan tersebut hanya berlaku di kabupaten Paniai, Deiyai dan Dogiyai, sementara untuk kabupaten Nabire, masih menunggu perkembangan selanjutnya.

Yang diberlakukan hanyalah penutupan Jalan Trans Papua Nabire-Ilaga bagi semua kendaraan roda dua mapun roda empat, kecuali kendaraan pelayanan kesehatan dan bahan bakar minyak. Bupati Nabire juga menegaskan bahwa waktu operasional bagi Toko/Kios/Pasar dan sejenisnya buka/beroperasi dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 12.00 siang. Penegasan itu disampaikan Bupati Douw, hari ini (08/05), berkaitan dengan kebijakan penanganan covid-19 di kabupaten Nabire.

Untuk Toko/Kios/Pasar dan sejenisnya tetap buka seperti biasa dari jam 8 hingga 12 siang, namun warga tetap harus patuh pada kebijakan pemerintah yakni tetap menggunakan masker, tidak berkerumun, serta menjaga jarak aman. Jika nanti ada Toko/Kios/Warung yang beroperasi diluar waktu yang sudah ditetapkan, maka pemerintah kabupaten Nabire akan menutup tempat usaha tersebut selama 1 bulan kedepan.

Sementara itu, mulai hari ini, pemerintah kabupaten Nabire melalui Dinas Sosial, telah menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat di Distrik Teluk Kimi dan Makimi. Sementara Distrik lainnya akan diupayakan menyusul secepatnya.