November 1, 2020

Peringati HUT Kota Jayapura dengan Jalankan KOLSA

kabarmandala.com — Kota Jayapura akan merayakan ulang tahun ke-110 pada tanggal 7 Maret nanti, namun kemeriahannya sudah terasa dari sekarang. Masyarakat Jayapura sangat antusias dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota tercinta, Port Numbay. Salah satu organisasi yang merupakan perkumpulan relawan Pemerintah, Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Papua, turut berpartisipasi dalam HUT Kota Jayapura dengan melakukan bakti sosial, bersih-bersih pantai mendok dengan program kepedulian lingkungan mereka yaitu KOLSA (Ko Lihat Sampah Angkat) pada Minggu, 1 Maret 2020.

Pantai mendug ini berdampingan dengan Pantai C’beery dan berada di pinggiran ikon baru Kota Jayapura, Jembatan Youtefa yang pada oktober 2019 telah diresmikan Presiden Jokowi. Pemilihan tempat ini menurut Rolling Gasper, ST, S.Th, M.Si, Kordinator acara KOLSA, setelah survei beberapa pantai di minggu sebelum nya “Pantai menduk ini jarang di ekspos dan cukup banyak sampah yang berjejer di pinggir pantai, kemungkinan kalau malam sekali orang suka nongkrong dan membuang sampah sembarangan seperti yang kita dapat hari ini banyak sekali botol kaca dan kaleng soda” tuturnya, Senin(2/3)kemarin.

  Ketua DPW JPKP Papua, Bonny Mandolang, SE menambahkan “Program KOLSA ini akan kami lakukan sering untuk menyuarakan #PapuaTanpaSampah dan kami berharap pemerintah pun proaktif sebagai pelaku peduli sampah dengan lebih sering mengedukasi persampahan kepada masyarakat”.

  Menurut Ketua DPW JPKP termuda ini, pemerintah dapat lebih giat lagi dalam mensosialisasikan pemilihan sampah, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah sedini mungkin dan menyiapkan alat angkut yang memadai. “Kalau pemerintah proaktif tentu Papua Tanpa Sampah dalam 10 tahun ke depan bisa terwujud. Kenapa tidak, Papua bisa menjadi contoh untuk provinsi lain dan menjalankan ekonomi sirkuler untuk pemberdayaan masyarakat” jelas Bonny.

Seluruh pengurus JPKP Papua akan ikut berpartisipasi pada program acara yang sudah disiapkan Pemerintah Kota Jayapura untuk memeriahkan HUT Kota Jayapura yang ke 110 “Bertambah usia semoga kota ini menjadi kota teladan. JPKP Papua akan selalu ada membantu dan mengawasi Pemerintah Kota Jayapura.” tutur BAPM sapaan akrab Bonny.  Selamat Hari Ulang Tahun ke 110 Kota Jayapura, JPKP siap melayani