Home / berita / Perlahan Zona Merah Covid-19 Merauke Berubah Jadi Zona Hijau

Perlahan Zona Merah Covid-19 Merauke Berubah Jadi Zona Hijau

Kabarmandala.com – Pemerintah Kabupaten Merauke belum mencabut status kejadian luar biasa (KLB) bagi daerah itu, walaupun 11 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid 19 telah dinyatakan sehat dan sudah dipulangkan.
Bupati Merauke, Frederikus Gebze menegaskan, KLB tetap di berlakukan. Opsi dari KLB dengan tetap memberlakukan jam malam, pembatasan aktivitas usaha, sosialisasi, penyemprotan cairan disinfektan dan patroli kepolisian.
“Segala prosedur untuk mencegah penyebaran corona covid-19 masih dilakukan,” kata Frederikus Gebze, Kamis (1/4).
Frederikus mengingatkan kepada warga Merauke, bahwa status KLB di Merauke terjadi karena ditemukan 2 orang pasien dalam pengawasan (PDP) positif covid-19, sehingga Merauke menjadikan daerahnya menjadi zona merah pertama di Papua.
“Sampai hari ini di Merauke tak ada lagi PDP positif covid-19, namun penyebaran virus corona masih ada dan belum berhenti. RSUD Merauke masih merawat 3 pasien PDP tambahan dan masih menunggu hasil laboratorium. Keadaan ini akan terus berganti, ada yang pulang dan ada yang masuk lagi,” ujarnya
Frederikus yakin Merauke akan mencapai nol pasien corona. Bukan berarti kemudian masyarakat Merauke berbondong-bondong melakukan aktivitas seperti biasanya kembali.
“Masyarakat tetap di rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Ikuti anjuran pemerintah dalam pencegahan corona. Kita semua harus waspada. Tahapan sirkulasi 14 hari ini juga harus di hitung dengan kondisi kita. Apalagi, Pemerintah Provinsi Papua belum mencabut pembatasan sosial terhadap jalur udara maupun laut,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu, juga memberikan ucapan terimkasih atas semangat tenaga medis, perawat dan seluruh staf yang telah bekerja keras, bertugas dengan tulus dalam rangka menangani dan mencegah covid-19 di Merauke.

Check Also

Belum Disetujui Seluruhnya Usulan Anggaran Penanganan Corona di Papua

Kabarmandala.com – “Rp 940 miliar adalah hitungan kita dalam posisi paling jelek, jadi posisi kita …